Tom Morello Tampil Di Tengah Aksi Pemogokan Perawat

Gitaris band rock Rage Against The Machine (RATM), Tom Morello, tampil di tengah-tengah aksi mogok perawat nasional di Chicago, Amerika Serikat.

Sambil memegang gitar bertuliskan “Whatever It Takes”, Tom Morello berbicara dengan kerumunan massa aksi di Daley Plaza Chicago. Sebagian besar massa aksi mengenakan pakaian merah dan topi hijau ala Robin Hood.

“Saya ingin memberi saran kepada Presiden Obama,” kata Morello kepada kerumunan massa aksi. “Jika ia tidak punya keberanian menutup Guantanamo, bagaimana dia bisa menangkap kriminalis di Wall Street.”

Morello juga mengeritik NATO. “NATO tidak dibutuhkan di sini. Ini rumah kami,” katanya dengan nada suara sangat tinggi. Rencananya, NATO akan menggelar konferensi di akhir pekan ini.

Aksi perawat ini diorganisir oleh Persatuan Perawat Nasional (NNU) dan aktivis Occupy Wall Street. Mereka menuntut pemberlakuan pajak Robin Hood terhadap semua transaksi di Wall Street.

Morello membuka penampilannya dengan “One Man Revolution”, salah satu lagunya di album pertamanya di The Nightwatchman. Setelah itu, ia menyanyikan lagu berjudul “Union Song”. “Saya berharap serikat buruh tetap kuat, seperti di Chicago,” kata Tom Morello.

Setelah itu, Morello mengundang penyanyi Tim McIlrath untuk menyanyikan lagu pembakar semangat dari Bruce Springsteen, The Ghost of Tom Joad. Massa aksi makin terbakar semangatnya tatkala Tom Morello menyanyikan lagu Woody Guthrie berjudul “This Land Is Your Land”.

Tom Morello menutup penampilannya, seraya mengajak massa aksi menyanyi bersama, dengan lagu berjudul “World Wide Rebel Songs”. Akhirnya, Morello pun menyapa massa aksi sebelum meninggalkan panggung.

Selain mengangkat soal isu pajak “Robin Hood”, aksi  ini juga mempersoalkan kebijakan penghematan yang menyiksa kaum pekerja dan rakyat di berbagai belahan dunia. Aksi protes juga menyuarakan kecaman terhadap kejahatan AS di Afghanistan dan Irak.

“Wall Street adalah torpedo ekonomi global yang menyebabkan penderitaan jutaan keluarga pekerja. Sementara itu, pada saat bersamaan, para eksekutif di Wall Street menerima bonus besar,” kata Tom Morello.

Morello menyatakan dukungan terhadap perjuangan klas pekerja. Ia juga menyuarakan perlawanan terhadap keserakahan kapitalisme, khususnya yang sedang berlangsung di Wall Street.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut