Susi Ivvaty: Olahraga Dapat Mengangkat Martabat Suatu Bangsa

JAKARTA: Wartawan olahraga Kompas, Sussy Ivvaty, menganggap ajang olahraga internasional seperti piala dunia 2010 di Afrika Selatan saat ini, sangat bisa mengangkat martabat suatu bangsa.

“Mereka yang punya tim nasional dan turut berlaga di piala dunia tentu punya kebanggaan tersendiri,” ujarnya dalam acara ngopi bareng bertema “bola dan martabat bangsa” yang diselenggarakan oleh Kedai Nusantara, Jumat (25/6).

Menurutnya, sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer di mata rakyat Indonesia, namun negara ini belum sanggup mengirimkan tim nasionalnya untuk berlaga dalam kompetisi dunia tersebut.

Ditanyakan soal akar persoalannya, Susi mengatakan, “masalah sebetulnya terletak di soal pembinaan dan manajemen organisasi olahraga. Ada banyak praktik korupsi dan kolusi di situ, sehingga menghambat pengembangan olahraga nasional,” tegasnya.

Dijelaskannya, ada begitu banyak pihak, termasuk swasta, yang berkeinginan untuk mengeluarkan dana bagi pengembangan olahraga nasional, namun semua itu kembali berpulang pada persoalan birokrasi organisasi sepak bola yang tidak beres.

Di cabang olahraga lainnya, ada beberapa atlet Indonesia yang sanggup mengukir prestasi, diantarnya angkat besi, namun kurang diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah.

Susi sangat yakin, dari 230 juta penduduk Indonesia sekarang ini, pasti ada potensi-potensi untuk dijadikan sebagai tim nasional yang tangguh dan bermartabat. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut