Rafael Correa: Amerika Latin Bukan Lagi ‘Halaman Belakang’ AS

Presiden Ekuador Rafael Correa

Presiden Ekuador Rafael Correa menegaskan bahwa Amerika Latin saat ini bukan lagi ‘halaman belakang’ negara manapun, termasuk Amerika Serikat.

“Saya ingin menegaskan, bahwa komitmen paling utama pemerintahan Ekuador adalah kepada rakyatnya. Kemudian dengan rakyat Amerika Latin. Karena kami sekarang bukan lagi halaman belakang dari siapapun,” kata Correa saat pelantikan dirinya sebagai Presiden Ekuador untuk masa jabatan ketig pada hari Kamis (23/5/2013) lalu.

Ia menyerukan agar persatuan Amerika Latin terus diperkuat. Apalagi, kata dia, benua itu masih diperhadapkan banyak masalah, seperti pencaplokan kepulauan Malvinas oleh Inggris dan embargo terhadap Kuba yang melanggar perjanjian OAS (Organisasi Negara Amerika).

Ia menegaskan, “tidak seperti konsep HAM di AS, kami menandatangani semua instrumen HAM. Di negeri kami tidak dibolehkan penyiksaan, tidak boleh hukuman mati, tidak dibenarkan menginvasi negara lain, dan tidak membenarnya adanya pesawat tanpa awak yang membunuhi rakyat.”

Dalam pidatonya, ia juga mengingatkan warisan besar dari dua pemimpin Amerika Latin yang baru meninggal, yakni Nestor Kirchner dan Hugo Chavez. “Kita harus memelihara warisan kawan kita yang sudah meninggal, yakni Kircher dan Chavez,” tegasnya.

Ia pertamakali terpilih sebagai Presiden pada tahun 2007 lalu. Lalu, pada pemilu Presiden Februari 2013 lalu, Correa kembali terpilih sebagai Presiden dengan suara 58%.

Ia menegaskan, untuk masa jabatan 2013-2017, ia akan memperdalam capaian Revolusi Kewargaan. Namun, kata dia, hal itu tidak mungkin terjadi proses kebebasan politik di negerinya tidak disertai dengan keadilan.

“Di sini tidak ada kebebasan tanpa keadilan. Dan kami melihat, hanya dengan mencapai keadilan maka kebebasan sejati bisa kami raih dan konsekuensi logis Revolusi Kewargaan,” ujar Correa.

Ia mengungkapkan, dari 2007 hingga 2012, pemerintahannya berhasil membuat jutaan orang terbebas dari kemiskinan.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut