Petani Pulau Padang Kembali Datangi Menhut Siang Ini

JAKARTA (BO): Sedikitnya 60-an petani Pulau Padang, Kepulauan Meranti, berencana mendatangi Kantor Kementerian Kehutanan RI di Jakarta, siang ini (14/2/2012). Mereka akan menyerahkan surat rekomendasi pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti perihal revisi SK Menhut 327/2009.

“Kami sudah mengantongi surat rekomendasi Pemkab Kepulauan Meranti perihal revisi SK Menhut 327/2009. Dengan demikian, prosedurnya sudah sesuai seperti dikehendaki oleh Kementerian Kehutanan,” kata Koordinator Forum Komunikasi Masyarakat Penyelamat Pulau Padang (FKM-PPP), Muhamad Riduan, di Jakarta (14/2/2012).

Pada tanggal 5 Januari 2012, terjadi kesepakatan antara 20-an orang petani Pulau Padang, anggota DPD RI Intsiawati Ayus, dan Dirjen Planologi Kemenhut Bambang Supiyanto perihal penyelesaian Persoalan Pulau Padang.

Kesepakatan 5 Januari 2012 itu berbunyi: “Persoalan masyarakat Pulau Padang akan ditindak-lanjuti apabila pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti mengeluarkan rekomendasi revisi SK Menhut 327/2009.”

Menurut Riduan, jika Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan terus mengelak, maka warga Pulau Padang akan menduduki kantor Menteri Kehutanan.

“Tuntutan kami sudah bulat: Pulau Padang harus dikeluarkan dari areal konsesi HTI PT. RAPP. Itu artinya revisi SK Menhut 327/2009. Kami sudah memenuhi prosedurnya dan mengantongi surat rekomendasi dari Pemkab,” kata Riduan.

ULFA ILYAS

 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut