Pesiden Haiti Memuji Kerjasama Dan Bantuan Kuba

HAVANA: Presiden Haiti Rene Preval, yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kuba, menggambarkan kerjasama Kuba dan negaranya sebagai sesuatu yang sangat baik, setelah negeri itu hancur akibat gempa bumi pada tanggal 12 Januari 2010, demikian dilaporkan Prensa Latina, Sabtu (3/7).

Kuba tidak menunggu gempa bumi untuk menawarkan bantuan mereka. Mereka telah bekerjasama dengan kami jauh sebelumnya, demikian dikatakan Rene Preval kepada wartawan seusai bertemu dengan wakil presiden Kuba Ezteban Lazo.

Kerjasama dengan kuba sudah dimulai sejak tahun 1998, setelah angin topan George menghancurkan Haiti. Badai itu menewaskan lebih dari 220 ribu orang, dan melukai lebih dari 300 ribu orang dan meninggalkan sedikitnya 500 ribu korban.

Preval mengatakan kepada prensa Latina, bahwa orang-orang sebangsanya berfikir dokter Kuba sangatlah penting dan mereka datang setelah tuhan.

Kriteria itu, katanya, menunjukkan bahwa tenaga medis Kuba merupakan bagian dari kolaborasi yang telah menyebar ke sektor pendidikan, pertanian, konstruksi, perikanan, aeronetika, dan industri gula.

Preval juga memuji dukungan financial Venezuela untuk mengembangkan tiga bagian program, khususnya di bidang kesehatan masyarakat, dimana selusin pusat diagnosa akan dibangun.

Presiden Haiti mencatat bahwa setelah gempa, Haiti menerima begitu banyak janji bantuan dari kota New York di Amerika Serikat, yaitu markas besar PBB. Namun, ia tidak pernah lupa kerjasama dengan Kuba.

Upaya kami bertujuan untuk memperkuat ikatan antara Havana dan Port-au-Prince, yang tak diragukan lagi banyak menguntungkan Rakyat Haiti daripada Kuba, dia menekankan.

Namun demikian, dia menekankan, internasionalisme pemerintah Kuba dan rakyatnya tidak menuntut keuntungan balik. Ini dilakukan tanpa syarat sesuai kebutuhan.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut