Mujeres 2000, Kredit Mikro Bagi Perempuan Di Argentina

Memang, sejak tahun 2007, Argentina memiliki Presiden perempuan yang kesekian kalinya. Namun, itu bukan jaminan bahwa persoalan-persoalan yang dihadapi kaum perempuan akan teratasi. Termasuk dalam urusan pembangunan ekonomi.

Karena itulah, pada tahun 2009, sekelompok aktivis dan sukarelawan mendirikan organisasi non-pemerintah. Organisasi itu diberi nama Mujeres-2000. Organisasi ini menyediakan kredit mikro khusus kepada perempuan agar mereka siap terjun dalam dunia kewirausahaan.

Setelah tujuh tahun berjalan, pada tahun 2007 lalu, Mujeres 2000 resmi berubah menjadi Yayasan. Mereka mengelola dana yang dikumpulkan oleh para donator maupun subsidi dari kelompok bisnis.

Dalam perkembangannya, mereka tak hanya mengelola kredit mikro untuk perempuan, tetapi juga beasiswa kepada perempuan agar mereka bisa menuntaskan tugas akademik mereka.

“Apa yang kami siapkan adalah apa yang kami lihat sebagai promosi kemanusiaan dan pembangunan komunitas, khususnya bagi profesional muda dan mahasiswa Universitas,” kata Presiden Mujeres 2000, Milagros Gismondi.

Yayasan ini juga membantu perempuan yang sedang menjalani pekerjaan rumah tangga. Selain itu, Mujeres 2000 juga bekerja di basis komunitas di Los Troncos del Talar, Virreyes, San Lorenzo, San Pablo dan Bancalari.

Nilai bantuan yang diberikan Mujeres 2000 tidaklah besar. Namun, kata Gismondi, bantuan itu pelan-pelan telah menciptakan perubahan pada mereka yang menerimanya.

“Aku lihat dari tahun 2000, 2001, dan 2002, dimana beberapa orang menerima kredit bernilai kecil dari 200 US dollar hingga 300 US dollar untuk memulai usaha mereka. Sekarang mereka memiliki empat toko pakaian,” kata Gismondi.

Salah satu cerita sukses dari Mujere 2000 ada pada perempuan bernama Liliana Herrera. Pada tahun 2001, Liliana menerima kredit mikro sebesar 150 US Dollar dari Mujeres 2000 untuk membantu usaha pakaiannya. Sebelas tahun kemudian, bisnis pakaian Liliana menyebar ke lima stand pakaian dan menciptakan lebih banyak pekerjaan. Ia pun meneriman penghargaan “Micro-Entrepreneur Award 2010” atas prestasinya itu.

Memang, Mujeres 2000 dikelola secara swadaya dan mengandalkan donasi dari berbagai pihak. Peranan negara sangat minimal—bahkan mungkin tidak ada—dalam program ini. Akibatnya, jangkauan program ini sangat terbatas dan tidak berkelanjutan.

Ini berbeda sekali dengan pengalaman Venezuela. Pada tahun 2001, Venezuela membentuk Bank khusus untuk perempuan—disebut Banmujer. Banmujer didirikan untuk membantu usaha produktif perempuan melalui pemberian kredit mikro dan pelatihan.

Hingga 2011, Banmujer telah memberikan 138 ribu kredit mikro kepada unit produksi yang dijalankan oleh perempuan. Proyek itu telah menjangkau 300.000-an keluarga miskin di Venezuela.

Di Banmujer, sebelum perempuan mendapat fasilitas kredit, mereka mendapatkan sejumlah pelatihan skill dan manajemen. Dengan demikian, seseorang tidak akan diberi kredit sebelum mendapatkan keterampilan dan pengetahuan manajemen untuk mengelola kreditnya. (Raymond Samuel)

Catatan: diolah dari berbagai sumber, terutama The Independent dan Venezuelanalysis.com.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut