Mancester City Bungkam Liverpool

Pasukan Roberto Mancini berhasil memperoleh kemenangan pertamanya dalam pertandingan Liga Primier Inggris, Senin (24/8) saat menundukan salah satu anggota big four, “The Red Lipervool”, di kandang sendiri, dengan skor telak 3-0. Kemenangan ini sangat berarti bagi klub yang telah menggelontorkan dana yang sangat besar ini, setelah sebelumnya hanya mampu bermain kacamata melawan Tottenham Hotspur.

Sejak peluit pertandingan dibunyikan, The Citizen langsung melakukan tekanan terhadap pertahanan The Red. tekanan pada menit-menit awal ini membuat bek Liverpool, M. Skrtel, mendapat hadiah kartu kuning pada menit ke 4.

Gempuran yang dilakukan oleh The Citizen terus meningkat. Seluruh lini The City berusaha untuk terus mencari titik lemah dari pertahanan The Red. Alhasil, pada menit 13, berasal dari serangan sebelah kiri pertahanan The Red, gelandang The Citizen, Adam Johnson masuk menembus kedalam pertahanan The Red. Setelah itu, dia memberikan umpan kepada James Milner yang berada di dalam kotak pinalti. Dan, sambil menjatuhkan diri, Milner memberikan umpan silang mendatar ketengah yang langsung di sontek oleh Gareth Barry ke pojok kanan gawang Pepe Reina. 1-0 untuk The Citizen.

Belum puas, dibawah komando Carlos Tevez, The Citizen terus menerus menekan pertahanan The Red. Pressing yang dilakukan cukup berhasil, yang membuat permainan The Red tidak dapat berkembang. Ini terlihat dari data statistik penguasaan bola di babak pertama, di mana The Citizen membukukan penguasaan sebanyak 64% dan The Red 36%.

Liverpool bukan tanpa upaya, berkali-kali ditengah tekanan yang cukup gencar, Liverpool melalui Steven Gerard dan Dirk Kyut mencoba menembus pertahanan The Citizen. Namun, upaya ini sia-sia karena selain tangguhnya lini pertahanan The Citizen yang di galang oleh M. Richard, juga karena peran Torres yang sangat minim untuk membuka pertahanan lawan.

Memasuki babak kedua, Liverpool berusaha keluar tekanan. Pada menit-menit awal sepertinya perubahan strategi oleh Roy Hodgson ini akan berhasil. Akan tetapi, pada menit ke- 52, sebuah serangan balik menghasilkan sepak pojok untuk The Citizen. Sepak pojok di ambil Milner, yang dengan tenang dia memberikan umpan lambung yang apik, yang langsung di sundul oleh Micah Richards, karena pandangan Pepe Reina di ganggu oleh Tevez, yang persis di depan, bolapun masuk melalui celah kedua belah kaki Pepe Reina. Dan wasit mensahkan gol tersebut atas nama Tevez.

Setelah tertinggal dua gol, Liverpool seperti tersentak. Mulai dari kaki Gerard, serangan pun dibangun. Tekanan yang meningkat ini membuat barisan pertahanan The Citizen bekerja ekstra keras, yang hasilnya pada menit ke-59 M. Ricard mendapat kartu kuning.

Terlalu asik menyerang, Liverpool justru kembali kebobolan pada menit ke-68. Pergerakan Adam Johnson yang mencoba menerobos kotak pinalti dengan melewati beberapa pemain Liverpool, dijatuhkan oleh Skrtel. Wasit pun tak ragu menunjuk titik putih. Dan Tevez sebagai algojo pun berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

Buruknya permainan Fernando Torres, membuat pelatih Roy Hodgson menariknya dan memasukan Babel pada menit ke-75. Tak lama setelah masuk lapangan, Babel langsung memberikan gebrakan terhadap pertahanan The Citizen. Setelah menerima umpan dari Gerard, Babel menyusuri sebelah kiri pertahanan The Citizen, dan berhasil masuk kedalam kotak pinalti. Namun, sayang sekali, tendangan kerasnya berhasil di mentahkan oleh Joe Hart yang bermain apik dini hari ini.

The Citizen sendiri mulai mengendurkan serangannya ketika Mancini menarik Yaya Toure dan Tevez. Sebaliknya, Liverpool juga melakukan pergantian pemain untuk meningkatkan daya gedornya. Beberapa peluang dari kedua tim tak mampu dimaksimalkan hingga peluit panjang dibunyikan  dengan kedudukan 3-0 untuk Mancester City. (bin)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut