Posko Menangkan Pancasila Galang Solidaritas untuk Korban Banjir dan Longsor di Jayapura

Bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Sentani dan Jayapura, Minggu (17/3/2019), menggerakkan aksi solidaritas kemanusiaan di berbagai kota di tanah air.

Di kota Malang, Jawa Timur, sejumlah aktivis Posko Menangkan Pancasila dan mahasiswa asal Papua di kota studi Malang menggelar aksi penggalangan dana di sejumlah titik keramaian, seperti pertigaan jembatan Soekarno-Hatta dan jembatan laying Arjosari.

Meski diguyur oleh gerimis, aksi solidaritas yang melibatkan mahasiswa sejumlah kampus, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Tribhuwana Tungga Dewi (Unitri), Politeknik Negeri Malang, STIA Malang, dan UIN Malang ini, berlangsung dari sore hingga malam hari.

Koordinator Posko Menangkan Pancasila kota Malang, Edison D Bani, mengatakan, aksi penggalangan dana kemanusiaan ini sebagai bukti konkret semangat gotong royong.

“Gotong royong itu kan intisari Pancasila. Kami bergotong royong untuk meringankan beban saudara-saudari kita yang menjadi korban bencana di Sentani dan Jayapura,” ujarnya.

Edison mengungkapkan, aksi penggalangan dana ini akan berlanjut hingga beberapa hari kedepan. Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan melalui Posko Menangkan Pancasila di Jayapura.

Sementara itu, Fernando David Inggesi, seorang mahasiswa asal Papua di kota Malang, berharap aksi solidaritas ini bisa mengurangi sedikit beban yang dirasakan korban bencana banjir dan longsor di Sentani dan Jayapura.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit mengurangi beban mereka, sekaligus menunjukkan bahwa mereka tidak sendirian. Di sini ada solidaritas,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jawa Timur, Hermawan, menyampaikan rencana aksi solidaritas serupa yang akan digelar di Surabaya dan kota-kota lainnya di Jawa Timur.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut