Mahasiswa Italia Protes Pemerintahan “Bankir”

Perdana Menteri Italia yang baru, Mario Monti, sudah digempur oleh berbagai gelombang protes yang dimotori oleh gerakan mahasiswa. Mahasiswa menyebut pemerintahan baru ini sebagai rejim “kaum bankir”.

Mario Monti, yang baru saja dilantik hari Rabu kemarin, terpaksa menyampaikan pidato pertamanya di gedung parlemen di tengah hujan protes dan perlawanan dari gerakan mahasiswa dan rakyat Italia.

Aksi demonstrasi ini terjadi di hampir seluruh kota Italia, seperti Roma, Milan, Torino, Palermo, dan Sisilia. Di kota Roma, Ibukota Italia, mahasiswa terlibat bentrokan dengan pihak kepolisian. Situasi serupa juga terjadi di Palermo dan Sisilia.

Sementara di Turin, bentrokan pecah saat mahasiswa mulai mendekat markas pusat Bank of Italy. Di tempat lain, mahasiswa mendatangi sejumlah Universitas dan Bank. Kedua tempat itu dianggap melambangkan kabinet teknokrat yang dipimpin oleh seorang bankir.

Salah satu kampus yang didatangi mahasiswa adalah Bocconi University. Kampus ini dianggap berkontribusi dalam melahirkan elit bisnis Italia, termasuk Mario Monti.

Mahasiswa membawa sejumlah poster bertuliskan “Kami tidak mau Bank mengatur kami”, “Kabinet Monti bukan Solusi”, dan “Italia Tidak Butuh Penghematan”.

Mahasiswa melemparkan telur busuk dan uang dollar sebagai kecaman atas pengambil-alihan kekuasaan dari partai politik oleh sejumlah teknokrat yang dikendalikan oleh Brussel.

Sementara itu, pada hari yang sama, para pekerja sektor transfortasi juga menggelar pemogokan umum untuk menuntut kontrak kerja yang lebih baik.

Mario Monti adalah salah satu pemerintahan di Eropa yang mendapat kekuasaan tanpa proses demokratik: ia tidak pernah dipilih oleh rakyat Italia dan tidak mendapat mandat dari rakyat Italia. Ia adalah orang yang ditunjuk secara sepihak oleh Presiden Italia atas dikte pejabat IMF dan Bank Sentral Eropa.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut