LMND Siapkan Aksi Serentak Menolak Pertemuan WTO

Aksi massa menentang pertemuan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-9 Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang sedianya diselenggarakan awal Desember 2013, terus terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), salah satu organisasi mahasiswa yang tegas menentang imperialisme dan neokolonialisme, berencana menggelar aksi serentak di seluruh Indonesia untuk menolak pertemuan WTO di Bali.

“Pertemuan WTO di Bali tidak akan bisa menjawab persoalan rakyat dunia maupun di Indonesia. Karena itu, LMND tegas menolak pertemuan tersebut,” kata Arif Fachrudin, Ketua Umum LMND, dalam diskusi dan konferensi pers Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 di kantor KPP-PRD, di Jakarta, Rabu (27/11).

Arif mengungkapkan, Eksekutif Nasional LMND sudah memutuskan akan menggelar aksi serentak pada tanggal 2-4 Desember 2013 dengan melibatkan cabang-cabang LMND di seluruh Indonesia.

“Aksi tersebut akan berlangsung di 24 wilayah di Indonesia yang ada struktur LMND-nya,” kata Arif.

Selain itu, kata dia, eksnas LMND juga akan menggelar aksi massa di lokasi acara, di Bali, pada tanggal 2 dan 3 Desember 2013. “Kami mengajak seluruh sektor rakyat Indonesia untuk bergabung dalam aksi menolak WTO,” serunya.

Lebih lanjut Arif menambahkan, gerakan rakyat Indonesia bisa memetik pelajaran dari pengalaman gerakan rakyat di tempat lain, seperti di Seattle (Korsel), Korea Selatan, Cancun (Mexico), Jenewa (Swiss) dan lain-lain, dalam menggalang mobilisasi massa menentang pertemuan WTO.

“Rakyat Indonesia harus menggagalkan pertemuan tersebut. Agenda WTO tidak sejalan dengan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945, Pancasila, dan UUD 1945,” tegasnya.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut