LMND NTT Bersolidaritas Untuk Perjuangan Petani Jambi

Solidaritas petani jambi

Perjuangan gagah berani petani Jambi, yang menggelar aksi pendudukan di depan Kemenhut RI di Jakarta dan aksi long march sejauh 1000 km (Jambi-Jakarta), terus menuai dukungan banyak kalangan.

Siang (18/12) tadi, di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, sedikitnya 50-an aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menggelar aksi solidaritas untuk perjuangan petani Jambi.

Aksi solidaritas ini digelar di kantor Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Ende. “Ini adalah bentuk dukungan kami terhadap perjuangan petani Jambi. Kami yakin, dengan dukungan luas rakyat Indonesia, perjuangan petani Jambi akan semakin menguat,” kata koordinator aksi, Zulfikar Chondamara.

Setelah beorasi beberapa menit, massa aksi ditemui oleh Kepala Dishut Kabupaten Ende, Drs. Lele Yosef. Di depan Kadishut Ende, Ketua LMND NTT Antonius Afeanpah menyampaikan tuntutan terkait pencopotan Menhut RI Zulkifli Hasan.

“Menhut Zulkifli Hasan harus dicopot dari jabatannya. Dia terang-terangan memihak perusahaan untuk merampas tanah petani. Selain itu, sejak dia jadi Menhut, tata kelola hutan Indonesia makin pro kapitalis asing,” kata Antonius.

Seusai menyampaikan tuntutan di kantor Dishut Ende, massa aksi ini kemudian bergerak ke kantor DPRD Kabupaten Ende. Sayang, tak satupun anggota parlemen berada di dalam kantor tersebut.

Sempat terjadi ketegangan antara massa aksi dengan pihak pegawai DPRD. Itu terjadi ketika massa aksi LMND ingin memeriksa langsung keberadaan anggota DPRD di ruangannya, tetapi dihalangi oleh pegawai. Namun, ketegangan ini tidak berkembang menjadi kericuhan.

Vicky Keraf

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut