LMND Kupang Gelar Pendidikan Anggota

“Tugas mahasiswa tidak hanya belajar, melainkan harus bersatu dan bersama dengan rakyat berjuang mewujudkan Indonesia baru yang tanpa penindasan.” Pernyataan itu disampaikan oleh JJ Kasimo, ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) kota Kupang, saat menyampaikan pidato pembukaan pendidikan dasar di sekretariat LMND, sabtu (3/11).

Lebih jauh, Kasimo menjelaskan perihal masyarakat baru yang diperjuangkan oleh LMND. “Masyarakat Indonesia baru itu ialah masyarakat yang demokratis sepenuhnya, berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” katanya.

Hadir pula dalam acara tersebut adalah Thor Caster Seno, Ketua LMND NTT, yang turut menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Pendidikan dasar bagi anggota dengan tema “Membangun Kader Liga yang Pancasilais” tersebut adalah yang kedua dalam tahun ini.

Sebelunya, pada awal tahun telah diselenggarakan pendidikan dasar serupa. Edin Paju, Pjs. Koordinator Departemen Pendidikan dan Kaderisasi LMND Kupang, mengatakan jumlah peserta yang  telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pendidikan kali ini adalah lima puluh tujuh orang orang. “Pada umumnya mereka sudah terlibat kerja-kerja LMND, baik di komisariat maupun kota,” katanya.

Pendidikan ini dibagi dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung dari tanggal 3 s/d 4 Desember dan diikuti oleh dua puluh delapan peserta. Sementara gelombang kedua bagi calon peserta yang tersisia akan berlangsung pada minggu berikutnya.

Melalui pendidikan dasar ini, para peserta akan mendalami beberapa materi seperti pengenalan tentang LMND dan sejarah gerakan mahasiswa, sistem pendidikan Indonesia, serta Pancasila.

Pendidikan LMND ini berlangsung sangat sederhana. Meski begitu, Jackson, seorang peserta, mengaku puas dengan penyelenggaraan pendidikan. “Meskipun tempat pendidikannya sederhana, namun itu tidak mengurangi hasratnya untuk berdiskusi,” tegasnya.

Morgan Pandek

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags: