LMND Kecam Serangan Polisi Terhadap Rakyat Di Desa Picuan

Pengurus Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) mengecam keras tindakan polisi menyerbu warga penolak tambang swasta di desa Picuan, Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, Sabtu (26/5/2012).

Selain itu, LMND juga mengecam penangkapan seorang pendeta bernama Edison Kesek dan Ketua LMND kota Minahasa Suardi Sual. Keduanya aktif membela perjuangan rakyat Picuan.

Edison Kesek, seorang pendeta yang juga memimpin sebuah koperasi pertambangan rakyat, saat ini ditahap di Mapolda Sulut. Sedangkan Suardi Sual, yang baru ditangkap siang tadi (26/5/2012), ditahan di Polres Minahasa.

“Setelah dilakukannya represifitas pada Rakyat Lambu, Bima, NTB, kini sikap represifitas aparat Negara yang mengabdi pada pemodal dilakukan pada Rakyat Desa Picuan,” kata Ketua Umum LMND, Arif Fachruddin Ahmad, di Jakarta (26/5/2012).

Arif menjelaskan, LMND dan Ikatan Mahasiswa Minahasa Selatan (IMMAMINSEL) sudah berkali-kali menggelar aksi di kantor Bupati dan DPRD. Di situ, disuarakan secara tegas tentang penolakan SK Bupati Minsel No. 87 tahun 2010 tentang Persetujuan Peningkatan IUP Eksplorasi Menjadi IUP Operasi Produksi kepada PT. Sumber Energi Jaya selama 20 tahun.

Selain itu, LMND juga menuntut penghentian segala bentuk kriminalisasi terhadap petani dan aktivis pejuang tani. Tidak hanya itu, LMND juga menuntut pengusutan terhadap aparat pelaku penembak petani.

RUSDIANTO ADIT AMOERSETYA

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut