Krisis Eropa: Dua Perdana Menteri Ditunjuk Tanpa Mandat Rakyat

Krisis kapitalisme di Eropa sudah mengarah pada krisis politik. Dua pemerintahan jatuh hanya dalam seminggu: Perdana Menteri Yunani  George Papandreou dan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi.

Uniknya, ketika kedua kepala pemerintahan itu mengundurkan diri, pejabat baru ditunjuk tanpa mandat satupun dari rakyat. Padahal, Eropa sejak lama selalu mengagung-agungkan demokrasi, dimana tidak ada orang yang boleh memerintah tanpa mandate dari rakyat.

Di Yunani, seorang bekas bos Bank Sentral Eropa, Lucas Papademos, tiba-tiba ditunjuk dan diminta membentuk pemerintahan. Padahal, sudah hampir setahun Yunani dikuasai oleh ‘parlemen jalanan’.

Tetapi parlemen jalanan ini, yang mewakili suara 99% rakyat Yunani, sama sekali tidak dilibatkan dalam penunjukan Perdana Menteri baru tersebut.

Ketika baru menduduki jabatannya, Lucas Papademos pun tidak mendengar sedikitpun aspirasi dari rakyat Yunani. Ia pun berjanji akan mengamankan dan melaksanakan keputusan perjanjian utang Eropa sebesar 130 miliar euro (117 miliar USD) sebagaimana diputuskan di Brussel.

Situasi serupa juga terjadi di Italia. Seorang bekas ekonom, Mario Monti, langsung menggantikan posisi Berlusconi. Ia hanya mendapat mandat dari Presiden Italia Giorgio Napolitano, tetapi tidak pernah dipilih atau ditunjuk oleh rakyat.

Mario Monti pun didorong untuk melaksanakan keputusan Brussel. Padahal kebijakan Brussel itu berarti serangan terhadap jaminan sosial dan standar hidup rakyat di Italia.

Jika kita lihat, kedua pejabat baru adalah murni teknokrat. Kelihatannya, penunjukan teknokrat itu merupakan “jalan paling aman” untuk memastikan berjalannya kebijakan penghematan. Ini adalah anjuran IMF dan Bank Sentral Eropa agar negara-negara tersebut bisa mengumpulkan dana untuk membayar utang.

Demokrasi di Eropa memang unik. Satu sisi, ketika berhadapan dengan dunia ketiga, mereka berlagak sebagai penjaga demokrasi. Tetapi, dalam banyak kasus di dalam internal mereka, demokrasi hanya “cap” belaka dan sebuah pemerintahan bisa dibentuk tanpa mandat rakyat.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut