Kerusuhan Buol: Bentrok Kembali Terjadi Di Depan Mapolsek Biau

BUOL: Setelah bentrokan yang memakan 5 korban jiwa tadi malam, (31/8), bentrokan susulan kembali terjadi siang ini, sekitar pukul 10.25 WIB, tepat di depan Mapolsek Biau, kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Menurut laporan koresponden Berdikari Online di lapangan, ribuan warga kembali mendatangi dan berkumpul di depan Mapolsek Biau sejak pagi hari. Mereka menuding pihak kepolisian telah menganiaya Kasmir Tamimun, yang menyebabkan kematian korban di dalam penjara.

Dalam aksi kali ini, gabungan rakyat, pegawai negeri sipil, pelajar, dan mahasiswa berbaur dalam barisan perlawanan. Sementara itu, di beberapa ruas jalan yang menghubungkan Buol dan Toli-Toli, masih ditemukan banyak batang pohon yang ditaruh di tengah jalan oleh warga.

Selain itu, korban tewas bertambah menjadi 8 orang, sementara 49 orang disebutkan luka-luka dan dirawat di RSUD Buol. Sumber lain, yaitu dari aktivis mahasiswa di Buol, jumlah korban tewas sudah mencapai 10 orang.

Sementara itu, pertemuan antara sejumlah organisasi dan pihak Kapolda Sulteng berlangsung di Mapolda Sulteng, Rabu (1/9). Dalam pertemuan itu, organisasi yang tergabung dalam Forum Masyarakat Sulteng Anti-kekerasan menuntut agar pihak kepolisian menarik mundur pasukannya dari kabupaten Buol.

Selain itu, para aktivis menuntut agar Kapolda menyelidiki penggunaan senjata tajam saat bentrokan tadi malam. Pihak Polda juga meminta masukan mengenai nama-nama tokoh masyarakat yang bisa dipergunakan untuk memadamkan kerusuhan dan mengendalikan situasi di sana. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut