Kaum Buruh Kawal Aksi Long March Petani Jambi

Derap langkah petani Jambi menuju Jakarta makin bergemuruh. Dalam aksi long march hari ke-16, siang (27/12) tadi, puluhan aktivis Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) turut mengawal perjalanan petani.

Selain mengawal dengan menggunakan kendaraan bermotor, beberapa aktivis KASBI juga turut berjalan kaki bersama petani. Rencananya, aktivis KASBI akan mengawal petani hingga perbatasan Sumsel dan Lampung.

“Menurut informasi, rute yang akan kami lalui cukup rawan dengan aksi kriminalitas. Karena itu, kawan-kawan KASBI mengawal perjalanan petani hingga ke perbatasan Lampung,” kata korlap aksi petani Jambi, Andi Syahputra.

Menurut Andi, sehari sebelumnya, yakni tanggal 26 Desember 2012, petani menginap di tempat kaum buruh. Mereka mendiskusikan soal kasus agraria yang sedang melilit para petani.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan kawan-kawan buruh. Bantuan mereka sangat meringankan perjuangan kami. Mereka telah menunjukkan bentuk solidaritas sejati diantara kaum tertindas,” kata Andi.

Sementara itu, perjalanan petani siang tadi berlangsung di bawah sengatan matahari yang cukup terik. Kondisi ini cukup menguras energi petani. Untuk melawan rasa letih, petani tak henti-hentinya menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan meneriakkan yel-yel.

Malam ini petani akan menginap di desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Diperkirakan petani akan mencapai perbatasan Lampung Sabtu (29/12) mendatang.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • kemana menteri kehutanan mereka demo di jambi sdah sering tuh tapi gak ada penyelesaian. makanya sampai petani long march gitu ?