Karya Henrik Ibsen, Rumah Boneka, Segera Dipentaskan Di Jakarta

Sebentar lagi, rakyat Jakarta akan disuguhi dengan karya pengarang Drama asal Norwegia, Hendrik Ibsen. Karya Hendrik Ibsen yang bakal dipentaskan itu adalah A Doll’s House –“Rumah Boneka”.

Menurut rencana, pementasan teater “Rumah Boneka” ini akan berlangsung pada tanggal 30 November- 4 Desember 2011. Pementasan itu sendiri berencana mengambil tempat di Gedung Kesenian Jakarta.

Menurut Vivi Widyawati, Manajer Publikasi Pentas Teater Rumah Boneka, proyek ini diprakarsai oleh Faiza Mardzoeki, yang bertindak sebagai penulis naskah dan sekaligus sebagai produser.

“Faiza telah menerjemahkan dan mengadaptasi naskah drama realis karya penulis asal Norwegia, Henrik Ibsen berjudul A Doll’s House ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Rumah Boneka,” katanya.

Naskah drama ini pertama kali ditulis pada tahun 1879, dengan mengambil latar-belakang masyarakat Norwegia pada abad ke-19. Tetapi, di tangan Faiza Mardzoeki, karya Ibsen itu diadaftasi ke dalam kontek Indonesia dengan latar peristiwa Jakarta kontemporer dan merangkul Wawan Sofwan sebagai sutradaranya.

Pementasan ini akan melibatkan sejumlah pemain, diantaranya: Maya Hasan, Ayu Diah Pasha, Teuku Rifnu Wikana, Ayez Kassar, Willem Bevers dan Pipien Putri. Pementasan ini akan menggunakan seni instalasi minimalis, dimana para penonton menyaksikan permainan aktor dan jalannya cerita.

Bagi Wawan Sofwan, pementasan Rumah Boneka bisa menjadi alternatif pertunjukan pada publik Jakarta. “Itu sangat jarang sekali, apalagi Ibsen sangat terkenal di dunia. Karyanya juga masih sering dipentaskan,” katanya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut