Harga Minyak Dunia Tetap Rendah di 2016

Sejumlah pakar energi dan ekonomi memperkirakan bahwa harga minyak mentah dunia masih akan rendah di tahun 2016. Menurut Mehdi Asali, pakar energi yang menjadi perwakilan Iran di Organisasi Negara-Negera Eksportir Minyak (OPEC) harga minyak mentah masih akan berkisar pada 35 sampai dengan 50 USD per barel di tahun 2016.

“Dalam empat hari ke depan tidak akan lebih dari 60 USD,” ujar Mehdi seperti dilansir Prensa Latina. Mehdi mengharapkan negara-negara eksportir ini dapat mencari solusi bersama untuk menghentikan penurunan harga hidrokarbon.

Anggota OPEC harus menemukan solusi, karena situasi ini secara ekonomi tidak nyaman bagi mereka. Arab Saudi mengatakan mereka akan memangkas produksinya apabila Iran, Irak dan Rusia juga melakukan hal yang sama, kata pakar tersebut.

Iran sendiri berencana akan meningkatkan produksi di tahun 2016 karena berharap dapat melanjutkan ekspornya ketika sanksi yang diketakan Barat baru-baru ini dicabut.

Sementara itu Goldman Sachs, sebuah bank berpengaruh di Amerika Serikat, seperti dilansir CNN mengatakan harga minyak mungkin seharusnya turun sampai sekitar 20 USD per barel agar dapat mencapai pemangkasan produksi yang berarti.

Setelah sempat menyentuh 107 per barel pada Juni 2014, harga minyak mulai alami penurunan seturut kelebihan produksi dan melemahnya perekonomian global. Di awal November 2014 harga minyak turun 20 persen menjadi sekitar 80 USD per barel. Setelah itu, di akhir November 2014 keadaan semakin memburuk ketika Arab Saudi menolak untuk memangkas produksi OPEC.

Dalam beberapa bulan saja harga minyak telah merosot ke sekitar 43 USD per bareldi bulan Januari 2015 dan menjadi 42 USD di bulan Maret.

Iran menetapkan harga antara 35 sampai dengan 45 USD per barel dalam rencana anggaran mereka di tahun 2016. Sementara Rusia menetapkan harga 50 USD per barel namun tetap mengantisipasi penurunan hingga 30 USD per barel.

Prensa Latina/CNN/Mardika Putera

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut