Di Ujung Tahun 2015, Venezuela Sukses Bangun 1 Juta Rumah Gratis Untuk Rakyatnya

Kegembiraan menyambut tahun baru di Venezuela, terutama bagi masyarakat miskin, menjadi lebih dari biasanya. Pasalnya, di penghujung tahun 2015 ini, pemerintahan revolusioner Bolivarian berhasil menunaikan janji sosialnya membangun 1 juta rumah bagi kaum miskin hingga akhir 2015.

Keberhasilan itu disampaikan langsung oleh Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, dalam sebuah siaran televisi pada hari Selasa (29/12/2015). Kata dia, cerah ataupun hujan, pemerintah Venezuela akan berhasil mencapai target membangun 1 juta rumah hingga akhir tahun.

Sukses ini sekaligus menyelamatkan kumis kebanggaan Presiden Maduro. Pasalnya, di bulan November lalu, dia pernah bersumpah akan memotong kumis kebanggaannya apabila program perumahan gagal membangun 1 juta rumah sebelum tahun 2016.

Program misi perumahan Venezuela, atau juga disebut La Gran Misión Vivienda, mulai digelindingkan oleh almarhum Presiden Hugo Chavez pada tahun 2011. Awalnya, program ini untuk menolong korban banjir yang kehilangan rumah mereka.

Namun, dalam perkembangannya, program ini diperluas menjadi misi besar untuk menyediakan rumah layak dan manusiawi bagi seluruh rakyat Venezuela. Terutama mereka yang belum punya rumah dan berpendapatan kecil.

Chavez mengatakan, program perumahan ini untuk membayar utang sosial yang diwariskan pemerintahan sebelumnya yang menggagal menyediakan rumah layak dan berkualitas bagi rakyatnya.

Tidak hanya untuk kaum miskin dan berpendapatan kecil, program perumahan ini juga untuk warga Venezuela yang tinggal di daerah-daerah rawan bencana alam, seperti longsor dan banjir. Maklum, sebagian besar rakyat miskin Venezuela, terutama di Caracas, tinggal di pemukiman padat (barrio) di atas perbukitan.

Untuk diketahui, rumah-rumah yang dibangun oleh pemerintah ini diberikan dengan harga murah ataupun gratis tergantung pada calon penghuninya. Jika calon penghuninya tergolong masih mampu, maka mereka dikenai harga murah. Tetapi jika mereka miskin atau tunawisma, maka mereka akan mendapat gratis.

Presiden Maduro sendiri berjanji akan terus melanjutkan program perumahan ini hingga tidak ada lagi rakyat Venezuela yang hidup di rumah atau tempat-tempat tidak layak.

Raymond Samuel

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid