Garin Nugroho: Pesan Soegija Sangat Relevan Untuk Pemimpin Sekarang

Kehadiran film “Soegija”, yang akan dirilis pada 7 Juni mendatang, diharapkan bisa berkontribusi dalam memberi perspektif penyelesaian persoalan kebangsaan saat ini.

Sutradara film ini, Garin Nugroho, mengatakan, Soegija membawa pesan yang sangat relevan untuk pemimpin sekarang. “Founding father kita, baik Soegija, Soekarno mengatakan multikultur akan menjadi masalah di kemudian hari,” kata Garin dalam jumpa pers di Setiabudi Building, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2012).

Saat ini, kata Garin, problem multikulturisme masih terus mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara. Padahal, di masa awal kemerdekaan, kepemimpinan nasional bisa dibangun di atas landasan kebhinekaan itu.

Garin melanjutkan, banyak pesan-pesan moral Soegija sangat relevan untuk pemimpin politik sekarang ini. Diantaranya: “Apa artinya menjadi bangsa merdeka jika kita gagal mendidik diri sendiri.” Kata-kata lainnya, “orang politik harus punya mental politik.”

Pesan-pesan itu, menurutnya, sangat relevan untuk menjawab problem kepemimpinan di tengah krisis dan kekacauan. “Sekarang ini, siapa orang politik yang punya mental politik? Hampir tidak ada,” kata Garin.

Film Soegija mengambil latar-belakang Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan. Saat itu, di tengah kekacauan dan perang kemerdekaan, Soegija sanggup menggunakan kepemimpinannya untuk menyelamatkan rakyat dan sekaligus membela Republik Indonesia.

Menariknya, di tengah-tengah krisis itu, Soegija mampu menempatkan dirinya sebagai seorang pemimpin agama dan sekaligus pemimpin bangsa. Ia aktif menjalankan diplomasi guna membuka blokade penjajah. Berkat kepiawaian diplomasinya, Soegija berhasil mendorong Vatikan sebagai negara barat pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Sosok Soegija diperankan oleh Nirwan Dewanto. Ada pula nama-nama pemeran lain seperti Annisa Hertami, Andrea Reva, Olga Lydia, dan Butet Kertarajasa. Lalu, ada pula pemain film dari Jepang, Belanda, dan Jerman. Film ini melibatkan 2.275 pemain dan menggunakan 6 bahasa. Selain itu, film ini menyedot dana sebesar Rp12 milyar.

MAHESA DANU

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut