FPKR Sulteng Kecam Aktivitas Tambang Di Kawasan Cagar Alam

Puluhan aktivis Front Penyelamat Kedaulatan Rakyat (FPKR) menggelar aksi massa di kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam  (BKSDA) Sulawesi Tengah, Kamis (6/12/2012). Mereka mengecam aktivitas tambang PT. Gema Ripah Pratama di kawasan cagar alam Morowali.

“Ini kawasan lindung yang selama ini diproteksi sebagai kawasan penyangga. Seharusnya tidak ada aktivitas pertambangan di kawasan tersebut,” ujar Ramadani, koordinator lapangan aksi ini.

Menurut Ramadani, selain melakukan aktivitas tambang di kawasan cagar alam Morowali, perusahaan tersebut juga melakukan aktivitas penebangan dan pembabatan hutan Mangrove di sepanjang Desa Tambayoli, Tamainusi dan Tandoyondo.

Ramdani mengungkapkan, untuk kebutuhan pelabuhan orb nikel, PT. Gema Ripah Pratama membabat hutan mangrove selebar 15 meter dan panjang sekitar 1.200 meter.

Tak hanya itu, ia menambahkan, pembangunan jalan hauling koridor tambang galian perusahaan ke pelabuhan juga menerobos pemukiman penduduk. “Perusahaan juga menumpuk orb di Desa Tambayoli seluas 1 hektar,” kata Ramadani.

Cagar Alam Morowali, yang terletak di Kabupaten Morowali dan TojoUna-una, Sulawesi Tengah, ini ditetapkan melalui SK Nomor: 237/Kpts –II/1999 tertanggal 27 April 1999. Cagar alam ini memiliki luas 225 ribu ha.

Masyarakat sendiri sudah melakukan protes. Kemudian, pihak petugas BKSDA Resort I Kolonedale sudah melakukan investigasi lapangan. Investasi itu menemukan sejumlah fakta penting, diantaranya, pembabatan mangrove sepanjang 1.200 meter dan lebar 15 meter untuk keperluan jalan keluar masuk kapal tongkang pengangkut orb nikel dan pembabatan mangrove seluas 50×70 meter untuk membangun dermaga.

Dalam tuntutannya, FPKR mendesak BKSDA segera mengeluarkan keputusan yang melarang aktivitas tambah di kawasan cagar-alam.

FPKR merupakan front strategis yang menghimpun sejumlah organisasi rakyat di Sulawesi Tengah, seperti Jatam, PRD, Walhi, YTM, YPR, IPPMD, PBHR, SP, LMND, SRMI, dan FNPBI.

Syamsul Bahri

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut