Fidel Castro Tidak Lagi Menjadi Bagian Kepemimpinan Partai Komunis

Kongres ke-VI Partai Komunis Kuba sudah berakhir. Kepemimpinan baru partai sudah dipilih oleh 1000 orang delegasi kongres, tapi belum diumumkan secara resmi.

Dalam sebuah artikel di Cubadebate.cu hari ini, Fidel Castro, yang tidak hadir selama kongres berlangsung, mengkonfirmasi bahwa dirinya tidak lagi menjadi bagian dari kepemimpinan Partai Komunis Kuba (CCP).

“Raul sudah tahu bahwa aku tidak lagi akan menerima posisi apapun dalam partai saat ini,” kata Fidel, sebagaimana ditulis di cubadebate.cu.

Fidel, 84 tahun, telah mengungkapkan pada akhir bulan lalu bahwa dirinya akan mundur dari semua jabatan resmi sejak tahun 2006, termasuk posisinya sebagai sekjend partai komunis, karena kondisi kesehatannya yang memburuk.

Raul Castro, adik Fidel Castro dan sekaligus teman seperjuangannya, telah mengambil-alih jabatan Presiden Dewan Negara sejak tahun 2006, lalu posisinya kembali disahkan pada tahun 2008.

Pemuda jangan tinggalkan prinsip revolusi

Meski tidak ambil-bagian dalam kepemimpinan, Fidel Castro menganjurkan kepada para pemuda partai komunis untuk tetap setia kepada prinsip revolusi, sambil mendorong sebuah reformasi ekonomi.

Castro mengatakan, “generasi muda partai harus berubah tanpa ragu…tetapi tanpa meninggalkan prinsip revolusioner karena tidak ada ruang bagi kesalahan.”

Semangat utama kongres Partai Komunis Kuba kali ini adalah reformasi ekonomi, dan hal itu sudah diserukan Raul Castro sejak pembukaan kongres, Sabtu lalu.

Fidel, yang meskipun tidak mengikuti kongres, mengaku mencermati dari dekat perkembangan kongres. Dia juga menyebut pidato Raul Castro sebagai pidato yang penting.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • rifai

    jayalah internazinale.bawa semangat revolusi ke asia.
    tp ko gak ada keterangan tanggal,tempat dan kepesertaannya,negara atau organisasi sektoral.
    ko gak ada pencapaiannya atau program mendesak.