Chavez Bertemu Kawan Seideologinya Dalam Animasi

Sebuah film animasi pendek menggambarkan pemimpin Revolusi Bolivarian, Comandante Hugo Chavez, bertemu dengan 10 orang yang telah menginspirasi pemikiran dan hidupnya.

Dalam animasi itu digambarkan, Comandante Chavez berjalan di sebuah padang luas. Ia menggunakan sepatu kasual, celana hitam, jaket triwarna (bendera Venezuela), dan kaos merah.

Ia melangkah ditemani suara jangkrik. Namun, tiba-tiba ia melihat sekelompok orang sedang mengobrol. Chavez menghampiri mereka. Kelompok orang tersebut menghentikan pembicaraan dan seolah-olah menyambut Chavez.

Ke-10 orang itu adalah Guaicaipuro, tokoh yang memimpin perjuangan masyarakat adat Venezuela melawan penjajahan Spanyol; Augusto Cesar Sandino, pemimpin revolusioner Nikaragua yang memimpin perjuangan melawan imperialisme AS.

Salvador Allende, mantan Presiden sosialis Chile yang digulingkan oleh militer sayap kanan atas sokongan AS; Pedro Camejo, tentara Venezuela yang terlibat dalam perjuangan kemerdekaan; Evita Peron, tokoh yang dikenal sebagai ibunya kaum miskin Argentina.

Ali Primera, penyanyi kerakyatan Venezuela yang lirik lagunya berbau perlawanan; Ernesto ‘Che’ Guevara, pemimpin revolusi Kuba dan legenda revolusioner Amerika Latin; Rosa Ines, nenekda Chavez, yang banyak menginspirasi dan memberi pengetauan humanisme kapada Chavez.

Ezequiel Zamora, pemimpin dalam perang Federal Venezuela, yang terkenal dengan prinsip kesetaraan dan menuntut land-reform; Simon Bolivar, tokoh pembebasan Amerika Latin dari penjajahan Spanyol. Pemikiran Simon Bolivari sangat mempengaruhi Chavez.

Film animasi tersebut diproduksi oleh ViveTV, jaringan TV kebudayaan yang disokong oleh pemerintah Venezuela. Animasi tersebut kemudin disebarkan luaskan di jejaring sosial, stasiun TV, dan Youtube.

Menurut produser animasi ini, pemilihan ke-10 tokoh tersebut lebih karena pertimbangan bahwa mereka sangat menginsipirasi dan mempengaruhi pemikiran Comandante Chavez.

Anda dapat melihat film animasinya di: http://www.youtube.com/watch?v=p63bSSnHe2s

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut