Banyak Orang Rusia Ingin Kembali Ke Model Soviet

Mayoritas warga Rusia lebih senang hidup di bawah sistim komunisme Uni-Soviet. Bahkan, banyak diantara mereka menginginkan Uni Soviet dan sosialisme berkuasa kembali di negeri beruang merah tersebut.

Kesimpulan itu terpotret dari jajak pendapat terbaru yang digelar oleh Levada Centre. Disebutkan bahwa lebih 50 persen warga Rusia menganggap keruntuhan Soviet sebagai sesuatu yang buruk dan bisa dihindari.

Sebaliknya, hanya 28 persen warga Rusia yang mengaku senang dengan runtuhnya Uni Soviet. Sementara 16 persen responden tidak bisa memberikan jawaban.

Separuh lebih responden beranggapan bahwa keruntuhan Soviet bisa dicegah, sedangkan 33 persen lainnya menganggap hal tersebut tidak terelakkan.

Malahan, ada 14 persen responden yang beranggapan pemulihan Uni Soviet sangat realistis. Sebaliknya, 44 persen menganggap hal tersebut tidak layak dibangunkan kembali. Sementara 31 responden mengaku tidak senang dengan kejadian yang berulang.

Menurut Levada Centre, nostalgia terhadap Soviet terus meninggi sejak tahun 2000 lalu. Ditambah lagi, resesi ekonomi mencekik Rusia sejak tahun 2008-2009 lalu, yang menggerogoti hampir separuh pendapatan bulanan warganya hanya untuk makanan. Diperparah lagi oleh subsidi negara yang makin berkurang.

Survei serupa yang dilakukan Levada Centre pada Februari 2016 menyebutkan, 52 persen orang Rusia mendukung kembalinya sistim ekonomi perencanaan ala Soviet. Sementara hanya 26 persen yang mendukung model ekonomi pasar bebas.

Terkait sistim politik, sebanyak 37 persen responden menginginkan sistim politik Soviet, 23 persen setuju dengan sistim politik Rusia sekarang ini, dan hanya 13 persen yang menginginkan sistim politik bergaya demokrasi liberal barat.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut