Anggota DPR Ajak Masyarakat Dukung Rumah Sakit Tanpa Klas

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning, menyerukan kepada masyarakat Sukabumi untuk mendukung pembangunan Rumah Sakit tanpa klas.

Pernyataan ini disampaikan saat acara Bakti Sosial dan temu kader Posyandu kelurahan Situ Mekar kecamatan Lembursitu, siang tadi.

Dikatakannya, setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa memandang status sosial, dan itu diatur dalam konstitusi negara dan sila kelima pancasila.

Namun sekarang, menurut Ribka Tjiptaning, Rumah Sakit Umum telah membeda-bedakan antara pasien kelas  satu dan dua dengan pasien pengguna Jamkesmas di kelas tiga.

“Tindakan Rumah Sakit semacam ini bertentangan dengan pancasila,” katanya.

Untuk itu, kepada para kader Posyandu di Sukabumi, Ribka Tjiptaning mengajak mereka menjadi pejuang-pejuang kesehatan untuk memperjuangkan Rumah Sakit tanpa kelas.

Dalam acara bakti sosial ini, Ribka melantik pengurus kader Posyandu Kelurahan Situ Mekar, lalu dilanjutkan dengan pembagian 600 paket makanan tambahan untk bayi dan balita.

Ribka Tjiptaning juga menyoroti masih adanya Rumah Sakit Umum yang menolak pasien miskin atau memungut bayaran bagi pasien Jamkesmas.

“Pasien pengguna Jamkesmas mulai dari pemberangkatan dari rumah sampai pulang ke rumah lagi sudah menjadi tanggung jawab negara, sehingga tidak ada alasan apapun bagi pihak rumah sakit untuk memungut biaya dari pasien,” tegasnya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut