Aktivis Pembela Kaum Tani Dituntut 16 Tahun Penjara

Ridwan.jpg

Muhammad Ridwan (29 tahun), aktivis Serikat Tani Riau (STR) yang selama ini aktif memperjuangkan hak-hak kaum tani, dituntut dengan penjara 16 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaaan Negeri Bengkalis.

Tuntutan JPU tersebut dibacakan dalam persidangan hari Selasa (8/4/2013). Persidangan di PN Bengkalis itu dipimpin oleh Hakim Ketua Sarah Louis Simanjuntak.

Menurut JPU dalam persidangan ini, Zia Ulfattah, tuntutan tersebut sesuai dengan keyakinan Jaksa bahwa Muhamad Ridwan terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 340 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang pembunuhan berencana.

“Sesuai dengan fakta-fakta di pengadilan, menurut kami terdakwa terbukti bersalah. Atas tuntutan itu terdakwa akan mengajukan pledoi atau pembelaan pada pekan depan,” kata Zia, sebagaimana dikutip oleh delikriau.com.

Untuk diketaui, Muhammad Ridwan dituding berada di balik pembunuhan terhadap seorang operator Eskavator PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Choidir, pada tahun 2011 silam.

Namun, sejak lama Serikat Tani Riau (STR) membantah tudingan tersebut. STR menuding penangkapan M Ridwan, yang juga Ketua Umum STR, sebagai upaya ‘kriminalisasi’ terhadap perjuangan petani Pulau Padang, Kepulauan Meranti, Riau.

Perlawanan Petani Pulau Padang sendiri bermula dari keluarnya SK Menteri Kehutanan nomor 327 tahun 2009 yang memberi ijin HTI kepada PT. RAPP.

Bagi warga Pulau Padang, SK tersebut membawa malapetaka bagi warga setempat. Selain terjadi perampasan lahan, kehadiran PT. RAPP juga berpotensi membawa kerusakan ekologis.

Sejak itulah warga mengusung perlawanan. Berkali-kali aksi massa di gelar, baik di kampung halaman maupun di Jakarta. Bahkan, mereka pernah berbulan-bulan menginap di depan kantor DPR-RI dan kantor Menteri Kehutanan RI di Jakarta.

Sayang, pemerintah tidak mendengar suara mereka. Sebaliknya, pemerintah dan aparat kepolisian berusaha keras mengkriminalisasi perjuangan petani tersebut.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut