Vladimir Putin: AS Parasit Ekonomi Global

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengomentari krisis utang yang mencekik leher Amerika Serikat (AS). Katanya, belanja AS yang melampaui kemampaun telah menjadikannya hidup dalam utang dan menjadi parasite ekonomi global.

Hal itu disampaikan Putin saat menyampaikan sambutan di acara perkemahan politik pemuda Rusia di wilayah Tver. Lebih lanjut, kata Putin, AS telah membangun ekonominya dari utang dan dengan mengandalkan kredit.

“Mereka hidup seperti parasite dari ekonomi global dan mereka memonopoli dollar,” katanya.

“Syukurlah,” kata Putin, “bahwa mereka masih punya cukup akal sehat untuk mengambil keputusan untuk menciptakan keseimbangan.”

Tapi Putin, yang juga mengeritik kebijakan devisa Amerika Serikat, mencatat bahwa Rusia merupakan pemegang sebagian besar obligasi dari Amerika Serikat.

“Jika di sana ada kerusakan sistemik, ini akan berdampak kepada semua orang,” kata Perdana Menteri Rusia ini menegaskan.

Katanya, negara seperti Rusia dan Tiongkok adalah pemegang paling signifikan cadangan di sekuritas Amerika Serikat.

Seperti diketahui, sebagaimana dilaporkan BBC, para pemimpin partai Republik dan Demokrat menyepakati besaran kenaikan pagu defisit anggaran dan menghindari gagal bayar.

Obama mengatakan kesepakatan ini akan memangkas belanja pemerintah sebesar U$1 triliun dalam rentang sepuluh tahun ke depan.

Baik Demokrat maupun Republik pada Selasa besok dihadapkan pada deadline untuk menaikkan batas pagu utang diatas $14.3 triliun.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut