SRMI Banyuasin Gelar Pendidikan Anggota

Pengurus Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, menggelar pendidikan anggota terbuka, Minggu (30/6/2013).

Pendidikan ini melibatkan sekitar 40-an organiser dan pengurus SRMI se-kabupaten Banyuasin. Pendidikan ini sendiri mengambil tema “Perdalam Teori, Perluas Organisasi untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pendidikan, Nasib Dwiono, pendidikan anggota ini merupayakan upaya organisasi untuk memajukan pengetahuan dan keahlian anggotanya. Dengan begitu, kata dia, roda organisasi bisa digerakkan langsung oleh setiap anggota.

“Kita berharap, anggota SRMI tidak hanya pasif, tetapi juga aktif dalam memajukan dan memperluas organisasi. Artinya, setiap anggota SRMI harus siap menggerakkan dan memimpin perjuangan rakyat di teritorinya masing-masing,” ujarnya.

Dalam pendidikan ini, selain materi-materi keorganisasian dan ideologi, ada pula materi khusus tentang teknik advokasi. “Advokasi ini sangat penting sebagai pintu masuk untuk pengorganisasian dan penyadaran massa rakyat,” katanya.

Sobar, salah seorang peserta pendidikan, mengaku mendapat pengetahuan baru dari pendidikan ini. “Setidaknya saya menjadi tahu mengenai watak dan arah perjuangan SRMI. Saya juga diajari bagaimana berorganisasi dan berjuang,” ungkapnya.

Sobar berharap agar agenda pendidikan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anggota diselenggarakan secara lebih rutin.

Fuad Kurniawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut