Ribuan Rakyat di Ende Peringati Hari Tani Nasional

Rakyat Ende Peringati Hari Tani

Memperingati hari tani nasional, ribuan rakyat miskin, petani, pedagang ikan, nelayan dan mahasiswa menggelar aksi massa di kantor Bupati Ende, NTT (24/9). Dalam aksinya, massa menuntut agar pemerintah lebih memperhatikan persoalan-persoalan rakyat miskin, petani, nelayan dan pedagang. Selain itu, massa aksi juga menuntut agar pemerintah kembali menegakkan pasal 33 UUD 1945.

Salah satu aktivis PRD, Yohanes B. Loy, dalam aksinya mengatakan bahwa kedaulatan nasional hanya mungkin terjadi jika Pasal 33 UUD 1945 kembali dilaksanakan.

“Rakyatlah yang harus merebut kembali kedaulatan Nasional, sebab kemerdekaan negara Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para petani, dan rakyat miskin. Oleh karena itu rakyat harus bersatu merebut semuanya itu.” Seru Yohanes, yang merupakan massa aksi.

Sebelumnya aksi ini dimulai dari Pasar Ikan Mbongawani Ende, dengan mengajak para pedagang lain untuk ikut aksi bersama-sama menyuarakan tuntutan-tuntutannya. Kemudian dilanjutkan ke kantor Dinas Perikanan, Dinas Perindrak, Dinas Koperasi dan kantor Bupati Ende.

Koordinator lapangan, Rustam Efendi Sale, mengatakan bahwa kami  yang tergabung dalam Front Gerakan Penegakan Pasal 33 UUD 1945, menjadikan momentum hari Tani ini sebagai momen untuk membicarakan semua persoalan rakyat miskin, persoalan petani, nelayan, pedagang dan sejumlah persoalan korupsi yang begitu banyak menghabiskan uang rakyat.

Rustam juga mengatakan, bahwa kebijakan pemerintah sekarang ini sangat jauh dari harapan rakyat. Selain itu pasal 33 UUD 1945 yang merupakan dasar negara kita sudah dilanggar oleh pemerintah, mulai dari pemerintah pusat sampai pemerintah kabupaten Ende.

Dari pantauan Berdikari online, massa aksi akan melanjutkan aksinya ke kantor DPRD ende, untuk menuntut berbagai persoalan yang selama ini dijanjikan oleh Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Ende.

Dalam aksinya, massa aksi menilai bahwa pemerintah sudah menghianati pancasila dan UUD 1945, karena kesejahteraan rakyat sampai saat ini belum terwujud.

Front yang tergabung dalam Gerakan Pasal 33 UUD 1945, terdiri dari; Partai Rakyat Demokratik (PRD), Aliansi Pedagang Ikan (API), Komite Tani Ende, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi ( LMND ), dan Nelayan.

Julius Fanus Mari

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut