Ribuan Kaum Tani Kepulauan Meranti Gelar Zikir Akbar

Sejak pagi hari, ribuan petani dari tujuh desa sudah berkumpul dan bersiap melakukan konvoi untuk mengelilingi Kecamatan Merbau, di Kepulauan Meranti.

Hanya saja, berbeda dengan sebelum-sebelumnya, konvoi ribuan petani ini sedang menuju tempat pelaksanaan “Zikir Akbar” kaum tani, yaitu masjid Baitul Naim.

Acara zikir akbar ini diorganisir oleh Komite Pimpinan Daerah Serikat Tani Riau (KPD-STR), sebagai bentuk perlawanan terhadap rencana ekspansif PT. Riau andalan pulp and paper (RAPP) yang hendak mengusai tanah milik rakyat.

Dalam sambutannya sebagai pembuka acara ini, Ketua KPD STR Muhamad Ridwan menegaskan bahwa acara ini dimaksukan untuk mengetuk hari para pejabat setempat agar memihak kepada perjuangan para petani.

Lebih lanjut, Ridwan menambahkan, kegiatan ini sekaligus membuktikan bahwa rakyat sudah tidak punya lagi tempat untuk mengadukan persoalannya.

H. Aidil, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, menyatakan dukungannya terhadap perjuangan Serikat Petani Riau (STR) melawan nafsu ekspansif perusahaan perampas tanah.

Bukan hanya itu, Aidil juga melontarkan kritik terhadap keputusan pemerintah pusat yang telah memberikan ijin hutan tanaman industri (HTI) kepada PT. RAPP, tanpa melihat kondisi rakyat di lapangan.

Di tempat terpisah, Ketua Umum KPP-STR Teri Hendra menyatakan dukungan terhadap perjuangan petani dan meminta agar kaum tani tetap menjaga persatuan.

Teri mengharapkan dukungan dari organisasi -organisasi rakyat yang lain untuk mendukung perjuangan kaum tani di Kepulauan Meranti.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • rambo

    sye sngat setuju dengan adenye penolakan Munculnya PT RAPP di kepulauan meranti terutama di kecamatan merbau,,
    saye harap tak jadi lah bende yang tak berpaedah bagi masyarakat disekeliling nya…….. mohon bak bupati segere menangani masalah ini karena ini masyarakat yang menderita nantinyaa….maksiah