Puluhan Organisasi Siapkan Aksi Massa Untuk Satu Tahun SBY-Budiono

JAKARTA: Sedikitnya 27 organisasi berkumpul dan menyepakati untuk merespon satu tahun pemerintahan SBY-Budiono pada tanggal 20 Oktober mendatang. Keputusan ini disepakati di kantor YLBHI Jakarta, sore tadi (28/9).

Ke-27 organisasi tersebut merupakan gabungan dari serikat buruh, organisasi petani, partai politik, gerakan mahasiswa, dan gerakan rakyat miskin perkotaan, diantaranya, Petisi 28, Persatuan Perjuangan Indonesia (PPI), Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI), Repdem, Bendera, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Persatuan Politik Rakyat Miskin (PPRM), GMNI, IMM, Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia (PPBI), dan Partai Rakyat Demokratik.

Aktivis Petisi 28, Haris Rusli Moti, menilai, pemerintahan SBY-Budiono sudah terbukti gagal dan sudah tidak layak untuk dipertahankan. “Sudah terlalu banyak rakyat yang dibikin sengsara oleh kebijakan rejim SBY Budiono,” katanya.

Aktivis lainnya, Ilhamsyah, dari SBTPI, menjelaskan kebutuhan persatuan gerakan rakyat sebagai prasyarat untuk memperkuat tekanan politik terhadap rejim SBY-Budiono. Karena kebutuhan itu, Ilhamsyah telah menggaris bawahi arti penting menyatukan pandangan di kalangan kaum pergerakan dan merancang sebuah aksi nasional yang serentak.

Keseluruhan organisasi menyepakati untuk menamai gerakan mereka “Gerakan untuk Kemerdekaan Nasional”, yang platform utamanya adalah “Rejim SBY-Budiono Gagal, Usir Penjajahan Asing, Turunkan Harga dan Demokrasi untuk Rakyat”.

Untuk langkah pertama, gerakan ini akan menggelar mimbar bebas di depan bekas kantor PDI Perjuangan, jalan Diponegoro, pada tanggal 1 Oktober mendatang.

Selanjutnya, gerakan ini juga akan memperluas keanggotaan organisasi dan dukungan politik dari berbagai organisasi-organisasi pergerakan lainnya. (Binbin F Tresnadi)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • jalan2 melihat2…trims…

  • wijaya

    kalo bisa platform yg diusung lebih mengena pada rakyat kecil / amanat penderitaan rakyat indonesia, seperti platform yg coba diusung juga bagus & syukur-syukur bisa lebih mengena lagi…aksi lanjutan juga sebaiknya ada & lebih menggalang masa dari berbagai elemen/organ yaitu ; “REVOLUSI…………!!!”

  • bk

    REVOLUSI!!!!!!!!!!!

  • rajawali bangkit arnoza

    Janji janji palsu yang didengungkan untuk pemberantasan korupsi oleh SBY ternyata pemanis belaka…..century terpinggirkan dg bargaining thd kasus lapindo.
    pelemahan kekuatan kpk dengan perekayasaan kasus bagi pejabat kpk.
    Yang paling menyakitkan adalah kasus rekayasa teroris yang mengorbankan rakyat tak berdosa, dg cara teror pula ustadz yg sednag shalat ditembak…….
    lemah thd pelecehan negara tetangga yang menangkap petugas DKP sedangkan para nelayan malaysia adl pencuri … Ironi…
    Ternyata banyak tikus tikus pulla yg berkeliaran digd DPR mencoba menggerus uang rakyat dg cara proyek mal DPR…….betapa rakyat masih banyak yg kesulitan sementara yg mewakili selalu berpesta.
    Seharusnya sebelum REVOLUSI dimulai persiapkan diri dg planing

  • widodo

    assalamu’alaikumwrwb
    salah kah sby jika ia jadi orang yang pandai dan bijak dalam kepentingan golonganya dan keluarga nya namun ia tak tahu siapa rakyatnya. aku kritis dikira komonis!!!!

  • oRomo Harie

    Romo Harie
    Romo Harie / SEMUA BO’ONG -YouTube 共有.mov
    http://www.youtube.com
    Lagu Rock Indonesia