Polisi Dan PT. Asiatic Persada Kembali Gusur Suku Anak Dalam

Warga SAD.jpg

Kekerasan demi kekerasan tak henti-hentinya mendera warga Suku Anak Dalam (SAD) di desa Bungku, kecamatan Bajubang, kabupaten Batanghari, Jambi.

Minggu (16/3) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, ribuan aparat keamanan gabungan Polri, Satpol PP, dan security PT. Asiatic Persada kembali menggusur warga SAD yang bertahan di bawah tenda-tenda darurat di tanah Menang, desa Bungku, Batanghari.

“Ribuan aparat bersenjata lengkap tiba-tiba mengepung tenda pengungsian. Mereka memaksa kami meninggalkan lokasi,” kata ketua adat SAD Bathin Bahar, Mang Kutar.

Kutar mengungkapkan, karena warga bersikeras menolak meninggalkan lokasi, ribuan aparat gabungan itu kemudian merobohkan tenda-tenda pengungsian.

Saat itu warga melakukan menggelar aksi duduk sebagai bentuk perlawanan. Namun, karena berhadapan dengan ribuan aparat yang bersenjata lengkap, warga SAD tidak bisa berbuat banyak.

“Warga SAD diperlakukan seperti ‘maling’ di atas tanah leluhurnya sendiri. Padahal, kami punya hak atas tanah itu dan dijamin oleh konstitusi,” ujarnya.

Kutar juga mengungkapkan, kedatangan ribuan aparat tersebut atas perintah Pemerintah Daerah (Pemda) Batanghari dan PT. Asiatic Persada.

Jumat (14/3) lalu, Pemda Batanghari mengeluarkan ultimatum untuk memaksa warga SAD meninggalkan lokasi yang diklaim sebagai Hak Guna Usaha (HGU) PT. Asiatic Persada.

“Kejadian ini jelas sekali memperlihatkan keberpihakan pemda dan Polres Batanghari terhadap PT. Asiatic Persada. Mereka mengabaikan berbagai kesepakatan yang sudah diputuskan sebelumnya,” kata Kutar.

Untuk diketahui, pasca pengusiran dan penghancuran pemukiman warga SAD oleh ribuan aparat TNI, Polisi, dan security PT. Asiatic Persada pada awal Desember lalu, ribuan warga SAD hidup terlunta-lunta.

Sebagian warga SAD bertahan di bawah tenda-tenda darurat di lokasi Trans-Sosial 1 dusun Johor, desa Bungku. Sebagian warga lainnya memilih menumpang di rumah-rumah warga di dusun lain.

Hadi Yatullah

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut