Operasi Kanker Chavez Berjalan Sukses

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengumumkan pada hari Kamis (30/6) malam bahwa dirinya sudah berhasil melalui operasi dengan sukses.

Sebelumnya, sebagaimana dikabarkan oleh banyak media, Hugo Chavez menjalani operasi tumor di sebuah rumah sakit di Kuba. “sel-sel kanker itu sudah berhasil dikeluarkan,” ujar Chavez di sebuah stasiun TV nasional.

Tidak jelas kanker jenis apa yang diderita oleh Chavez. Selain itu, belum ada kabar pula tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk pemulihannya.

Yang jelas, karena kondisi kesehatan presiden berhaluan kiri ini, Venezuela telah membatalkan KTT negara-negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC), yang sedianya akan digelar pada 5 Juli mendatang.

Penundaan KTT itu tentu sangat disayangkan, mengingat bahwa pertemuan itu akan menjadi babak baru dalam integrasi regional yang lebih luas di Amerika Latin dan Karibia. Tentunya dengan minus keikutsertaan Amerika Serikat dan Kanada.

Pada hari selasa (28/6) lalu, Televisi nasional Kuba menayangkan pertemuan bersahabat antara Presiden Chavez dan Fidel Castro. Dalam video itu, Chavez dan Castro bertemu di sebuah taman kota.

Chaves, yang mengenakan pakaian olahraga, tampak memegang koran lokal dan memperlihatkannya kepada Fidel Castro. Dalam percakapan itu, Fidel mengkonformasi tentang seribuan pemuda dari Guantanamo yang sedang belajar sebagai pekerja konstruksi.

“Berapa banyak?” kata Chavez bertanya dengan rasa kagum.

“Lebih dari 1000,” jawab Fidel Castro mengkonfirmasi pertanyaan Chavez.

Keduanya juga membahas sikap Obama terkait berita penyiksaan tahanan di penjara Abu Ghraib. “Ah, peraih nobel itu,” kata Chavez merujuk pada Obama.

Keduanya kemudian berdiskusi tentang sebuah laporan di koran Granma.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut