Negara-negara ALBA Akan Selenggarakan Pekan Olahraga ala ‘Ganefo’

Venezuela akan menjadi tuan rumah pekan olahraga Aliansi Bolivarian untuk Amerika Latin (ALBA), sering disebut ALBA Games, yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 18 sampai 29 juli 2011 ini.

Dalam sebuah wawancara di Telesur, Menteri Olahraga Venezuela Hector Rodriguez menyatakan bahwa olimpiade ALBA ini dimaksudkan untuk memperkuat kesatuan negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

“Olahraga adalah alat paling baik untuk mentransformasikan masyarakat dan olimpiade ALBA ke-4 adalah kesempatan luar biasa untuk mempertemukan rakyat Amerika latin dan Karibia,” kata Rodriguez.

Presiden Hugo Chaves pernah mengatakan, “persatuan tidak dapat dibuat melalui perjanjian dan persetujuan, perjanjian ekonomi, melainkan persatuan akan terbentuk melalui pertemuan rakyat satu sama lain.”

Kejuaraan olahraga ini akan berlangsung di 10 stadion di Venezuela. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan ada 41 cabang olahraga.

Negara-negara yang sudah mengkonfirmasi untuk berpartisipasi adalah Antigua dan Barbuda, Bolivia, Kuba, Nikaragua, Saint Vincent dan Grenada, Venezuela dan negara anggota ALBA lainnya.

“Kami akan mengundang negara-negara lain di kawasan ini, karena tujuan dari pekan olahraga ini untuk persatuan yang melampaui tujuan ekonomi. Ini adalah ruang untuk pertemuan rakyat Amerika Latin dan Karibia,” tegas Rodriguez.

Pertandingan olahraga ini menghabiskan dana sebesar 70 juta bolivar (18 juta dollar).

Terinspirasi Ganefo

Pekan olahraga negara-negara ALBA ini sedikit banyaknya terinspirasi oleh Games of New Emerging Forces (Ganefo), yang diselenggaran di Indonesia pada 10 November 1963.

Ganefo, yang memiliki semboyan Onward! No Retreat (Maju Terus! Pantang Mundur), adalah pekan olahraga hasil gagasan Bung Karno. Oleh Bung Karno, Ganefo dijadikan sarana bagi negara-negara progressif dan anti-imperialis untuk menyatukan kekuatan melawan imperialisme dan kolonialisme.

Tetapi Ganefo lebih akbar ketimbang Alba Games. Ganefo diikuti 2.200 atlit dari 48 (versi lain menyebutkan, ada 51 negara) negara Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa (Timur). Karena besarnya jumlah kepesertaan dan cabang olahraga yang dipertandingkan, maka “Ganefo” pantas disebut Olympiade tandingan.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut