Mahasiswa Riau Dukung Perjuangan Petani Kepulauan Meranti

Puluhan mahasiswa Riau tampak memegang spanduk di sela-sela aksi mogok makan para petani Kepulauan Meranti, tadi siang. Mahasiswa itu mengaku tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR).

Seorang aktivis IPMR, bernama Abdul Muthalib, menjelaskan kepada Berdikari Online bahwa mereka mendukung sepenuhnya perjuangan para petani dan siap berada di garda depan untuk mempertahakan kepulauan Meranti dari kerakusan PT.RAPP.

“Ini adalah perjuangan murni rakyat Meranti. Ini adalah perjuangan untuk kebebasan mereka. Kami sangat mendukung,” kata Abdul Muthalib.

Menurut Abdul Muthalib, mahasiswa Riau akan menjadi fasilitator untuk mempertemukan petani dengan masyarakat Riau di Jakarta. “Dengan pertemuan itu, kita berharap ada tambahan kekuatan bagi perjuangan petani dan rakyat kepulauan meranti,” katanya.

Mahasiswa menganggap kebijakan pemberian HTI kepada PT.RAPP sebagai “tindakan gegabah”, dan tidak memperhatikan nasib rakyat Meranti. Mereka pun meminta Menhut tidak semena-mena dalam mengeluarkan kebijakan HTI, kalau hal tersebut dipastikan akan menindas rakyat.

Seorang mahasiswa Riau lainnya pun menyatakan hal serupa. “kalau PT.RAPP dibiarkan membuka lahan gambut di pulau padang, maka pulau tersebut bisa dipastikan akan tenggelam,” kata mahasiswa.

Mahasiswa IPMR berharap Menteri Kehutanan bisa mendengarkan tuntutan para petani, yaitu dengan mencabut SK nomor 327 tahun 2009 karena sangat merugikan kepentingan rakyat di kepulauan Meranti.

Jika tuntutan para petani tidak didengarkan, maka IPMR akan terus menggencarkan aksi massa dan bermaksud membawa persoalan ini ke Presiden. “Jika tetap tidak ada respon dari Menhut, kami akan menggelar aksi ke istana negara,” kata mahasiswa.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Asslamualikum.wr.wb
    Hidup mahasiswa!!!
    Hidup Meranti!!!
    Semoga niat baik yang dilakukan oleh kawan-kawan mahasiwa akan menjadikan yang terbaik di tanah kelahiran saya yaitu MERANTI.Saya yakin kebaikan akan datang ditanah Meranti jika niat kebaikan terus di perjuangkan..

    wassalmualiakum..wr.wb