Long March Petani Ogan Ilir Tiba Di Lampung Tengah

Aksi jalan kaki (Long March) yang digelar oleh puluhan petani Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sudah tiba di kota Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Reza Fahlevi, aktivis FRABAM yang menjadi koordinator aksi jalan kaki ini, setibanya di kota Bandar Jaya, para petani langsung beristirahat di sebuah masjid.

Ia mengungkapkan, banyak petani peserta aksi jalan kaki yang berada dalam kondisi kelelahan. “Kita sudah menempuh perjalanan yang sangat panjang. Ini membuat kondisi kawan-kawan agak kelelahan,” katanya.

Aksi jalan kaki sudah memasuki hari ke-9. Senin (18/11) pagi, petani kembali mengayunkan langkahnya dari Lubuk Rejo, Tulang Bawang.

Sekitar pukul 10.00 WIB para petani singgah di kantor DPRD Tulang Bawang untuk meminta dukungan. Tak hanya itu, karena beberapa peserta aksi jalan kaki yang sakit dan kelelahan, mereka singgah di RSUD Tulang Bawang untuk meminta bantuan obat-obatan.

Salah seorang peserta aksi jalan kaki, Anwar (85 th), sempat dibawa ke RSUD Tulang Bawang karena kakinya bengkak dan bernanah. Namun demikian, Anwar masih mengikuti aksi jalan kaki kendati menumpang di atas mobil logistik.

Sekitar pukul 17.00 WIB, para petani singgah di Graha Pena Lampung Tengah untuk bertemu dengan awak media massa dan meminta dukungan bagi perjuangan petani.

Reza juga menambahkan, pada hari Minggu (17/11), ada penambahan peserta aksi jalan kaki sebanyak 5 orang dari desa Seri Bandung, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir.

Kemudian, menurut rencana, pada Selasa (19/11) akan ada penambahan sebanyak 50 orang lagi dari desa Seri Bandung, Ogan Ilir.

Reza memperkirakan, jika tidak ada aral melintang, para petani akan menginjakkan kakinya di kota Bandar Lampung pada hari Rabu (19/11/2013).

Dan rencananya, para petani Ogan Ilir ini akan disambut oleh aktivis pergerakan rakyat di Bandar Lampung, tepatnya di depan kampus Universitas Bandar Lampung (UBL).

Sejumlah organisasi pergerakan rakyat di Bandar Lampung, seperti Partai Rakyat Demokratik (PRD), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), Barisan Muda PAN (BM-PAN), dan mahasiswa UBL, akan menyambut kedatangan para petani.

Di Bandar Lampung, petani akan menggelar aksi di kantor PTPN VII dan kantor DPRD Lampung.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut