Kolombia Tuan Rumah Pertemuan Rakyat Amerika Latin

Kolombia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Rakyat Amerika Latin Kelima. Ini adalah pertemuan yang menggabukan suara beragam rakyat Amerika Latin dalam rangka mendorong demokrasi dan menghadapi dekadelogi neoliberal yang dipaksakan lembaga-lembaga asing.

Kongres ini dilakukan bersamaan dengan “American Summit”, sebuah pertemuan yang diorganisir oleh Amerika Serikat, yang juga akan diselenggarakan di Kolombia.

Kongres Rakyat Amerika Latin akan berlangsung pada tanggal 12-14 April 2012. Rencana penutupan acara ini diwarnai pawai akbar gerakan rakyat.

Dengan mengambil slogan “Suara Nyata Rakyat Amerika”, pertemuan ini akan membahas tuju tema utama: model pembangunan; integrasi; militerisasi dan HAM; perubahan iklim; ekonomi hijau dan  Rio +20; tanah, teritori, dan kedaulatan pangan; FTA dan krisis ekonomi.

Diskusi soal model pembangunan akan mengcakup projek tambang skala besar, yang memicu beberapa demonstrasi dan bentrokan di amerika latin selama 2012 ini. Juga, subjek integrasi akan difokuskan kepada ditendangnya Kuba dari pertemuan kepala negara di kawasan ini.

Pada hari Jumat, ada pertemuan perempuan; ada panel pendidikan; panel ekumenis; panel hak-hak buruh; panel HAM dan korban; anti tambang; Cartagena, model ketidakadilan; partai politik, gerakan sosial, dan pemerintahan kiri.

Sebuah majelis gerakan sosial akan bertanggung-jawab membuat pernyataan akhir yang akan diserahkan kepada pertemuan kepala negara.

Pertemuan kelima Rakyat Amerika Latin akan diorganisir Jaringan Aksi Kolombia Melawan Perdagangan Bebas (RECALCA), yang akan menyoroti pertumbuhan utang di Meksiko, Honduras, Chile, Peru, dan Kolombia—negara-negara yang menjadi benteng neoliberal: negara ini menerapkan pembebasan pajak kepada perusahaan multinasional.

Dalam sebuah artikel berjudul “Suara Demokrasi Baru: Menjelang KTT Kelima Rakyat Amerika,” isu kunci  yang dihadapi adalah serangan yang datang dari krisis model neoliberal: tuntutan restruktrisasi (palsu) demokrasi di bawah beroperasi lembaga pemberi pinjaman internasional.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut