Kerusuhan Di Buol: Lima Warga Tewas Tertembak, 6 Polisi Luka Bakar

BUOL: Lima orang warga Biau, Kabupaten Buol, tewas tertembak oleh polisi saat terjadi kerusuhan di depan Mapolsek Biau, Selasa malam (31/8). Sementara 6 polisi dilaporkan mengalami luka bakar akibat kerusuhan tersebut.

Berdasarkan kronologis yang diterima Berdikari Online, sekitar pukul 04.00 dini hari tadi, jumlah korban di pihak warga kemungkinan masih akan bertambah, mengingat jumlah korban luka tembak cukup banyak di pihak warga. Dua korban tewas yang sudah teridentifikasi adalah Ridwan dan Amran Abjalu.

Hingga berita ini diturunkan, situasi keamanan di Kota Biau, Ibu Kota Kabupaten Buol, masih mencekam. Berita kematian 5 warga telah memicu kemarahan luas rakyat di Buol, tidak hanya di kota tetapi juga dari desa.

Ribuan warga dari luar kota sedang bergerak masuk kota untuk membantu perlawanan. Selain itu, untuk menghambat pasukan bantuan dari Kabupaten Toli-Toli dan Palu, warga telah menebang pohon dan meletakkannya di tengah jalan.

Untuk diketahui, kerusuhan ini berawal dari kemarahan sedikitnya 3000 warga atas tewasnya seorang tukang ojek, Kasmir Timumun, yang diduga dilakukan oleh oknum kepolisian di dalam sel tahanan Mapolres.

Sebelumnya, Kasmir Timumum ditangkap polisi karena dianggap melakukan tabrak lari terhadap seorang anggota Polisi lalu lintas saat melakukan operasi. Namun, menurut informasi yang disampaikan dalam laporan kronologis, kejadian penabrakan itu tidak disengaja karena Kasmir sama sekali tidak melihat adanya papan pengumuman sedang ada operasi.

Saat ditahan di Mapolsek Biau, Kasmir Timumum mendapatkan penyiksaan berulang-kali oleh kepolisian. Hingga, pada tanggal 30 Agustus kemarin, Kasmir Timumum dinyatakan tewas dalam posisi tergantung.

Saat itu, Polisi mengumumkan bahwa Kasmir Timumum mati karena murni “bunuh diri”, tetapi warga menyaksikan luka parah di sekujur tubuhnya. Kejadian inilah yang menyuluk kemarahan ribuan warga dan melakukan penyerbuan ke Mapolsek Biau. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut