IMW dan KPI Tandatangani MOU Gerakan Literasi Penyiaran

Indonesia Media Watch (IMW)  dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyepakati nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait Gerakan Nasional Media Literasi Penyiaran bersama. Penandatangan MOU tersebut berlangsung di Bali, Senin (1/4).

Kesepakatan kedua belah pihak ini langsung disaksikan oleh oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, perwakilan Dewan Pers, IJTI, AJI, ATVSI, ATVLI, PRSSNI, dan Alwari.

Perwakilan dari IMW, RM Zulkipli, mengungkapkan bahwa nota kesepakatan tersebut berkomitmen untuk menciptakan penyiaran di Televisi dan Radio yang sehat, melindungi kebebasan pers, dan sekaligus melindungi kepentingan masyarakat.

Menurutnya,  di dalam MoU tersebut dijelaskan bahwa KPI dan IMW dapat saling menukar hasil pemantauan penyiaran dan saling memberi umpan balik. Selain itu, keduanya juga akan bekerjasama untuk peningkatan pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jurnalisme penyiaran.

“Kita juga akan melakukan edukasi, penelitian, sosialisasi, pelatihan dan penyuluhan bersama di bidang literasi media penyiaran. Terutama ke mahasiswa-mahasiswa,” ujar RM Zulkifli.

Ia menambahkan, mengingat keberadaan media massa sebagai pilar keempat demokrasi, maka perlu dijaga dari upaya pemasiungan dan sekaligus menghindarkannya dari hegemoni apapun.

Sementara itu, Menkopolhukam Djoko Suyanto selaku keynote speaker dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa Media arus mampu meningkatkan kualitas demokrasi. “Dengan demikian penyiaran kita dapat berguna juga bagi perluasan keadilan,” katanya.

Sementara itu, Menkominfo Tifatul Sembiring dalam sambutannya mengungkapkan bahwa langkah hari ini akan menjadi sejarah perbaikan media. “Media jangan hanya menjadi tukang pukul pemilik media” katanya.

Di lain pihak, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) M. Riyanto meminta, setelah ditandatanganinya MoU ini, organisasi profesi semakin memiliki ruang untuk  berperan. “KPI mengajak semua organisasi dan pemangku siaran  untuk bersama-sama bersinergi meningkatkan kualitas siaran,” pungkasnya.

Lifany HK

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut