Chavez: Integrasi Amerika Latin Adalah Alternatif Krisis Kapitalisme

Presiden Venezuela Hugo Chavez menegaskan bahwa berbagai integrasi regional Amerika Latin, semisal Uni Bangsa Amerika Selatan (Unasur), Bank Selatan, dan Alinsi Bolivarian untuk Rakyat Amerika Latin (ALBA), adalah ‘strategi masa depan untuk mengatasi krisis struktural sistim kapitalisme.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran televise TVT, Chavez berbicara tentang dollar dan “cadangan nyata” Amerika Serikat.  Dalam diskusi itu, Chavez menggaris-bawahi bahwa penciptaan mata uang Amerika Selatan adalah penting untuk dedolarisasi perdagangan di kawasan ini.

Ricardo Valbuena, penulis buku “Dollar: Fake Currency”, yang juga menjadi pembicara dalam diskusi itu, menjelaskan bahwa ekonomi Amerika Serikat ditopang oleh relasi palsu dimana tagihan tidak didukung dengan cara apapun dalam emas atau perak.

Lebih lanjut, Valbuena menambahkan, peningkatan batas tertinggi utang Amerika Serikat, seperti dilakukan baru-baru ini, hanya sebuah strategi untuk mengabadikan masalah tagihan illegal yang didukung oleh bank swasta, dan diawasi oleh Federal Reserve.

Sementara Chavez, yang berusaha membahas ketidakpastian di pasar keuangan global, telah mengutip perkataan filosof Marxist Hungaria, Istvan Meszaros, yang memperingatkan tentang ketidakmampuan sistim kapitalisme menciptakan harapan; kebutuhan ekspansi permanen yang tak mungkin dikontrol; dan ketidakmampuan untuk masuk secara efektif dalam dinamika global.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut