Aktivis Pergerakan Sumbangkan Koin Untuk Anggota DPRD

Setelah menggelar aksi penggalangan koin selama seminggu, puluhan aktivis Persatuan Rakyat Bandar Lampung akhirnya menyerahkan koin tersebut kepada anggota DPRD Bandar Lampung, kemarin (1/4).

Sebelum menyerahkan koin, para aktivis Persatuan Rakyat Bandar Lampung ini menggelar aksi jalan kaki dari persimpangan lampu merah kantor Gubernur Lampung menuju jalan Dr. Soesilo, Teluk Betung utara. Di sepanjang jalan itu, mereka membagikan ribuan selebaran berisi kecaman atas perilaku Komisi II DPRD Bandar Lampung yang mengeluarkan surat edaran sumbangan kepada sejumlah pengusaha.

“Aksi ini merupakan bentuk perlawanan terhadap segala praktik korupsi dan pungli di jajaran birokrasi. Itu merupakan bentuk kejahatan karena telah memiskinkan rakyat,” ujar Purnomo, selaku koordinator aksi ini saat memasuki gedung DPRD.

Sementara aktivis lainnya, Freddy Muchtar, ketua Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Bandar Lampung, menjelaskan bahwa praktek pungli telah menjadi hambatan dalam perekonomian karena menciptakan ekonomi biaya tinggi dan mengurangi upah pekerja.

Seusai menggelar orasi-orasi politik secara bergantian, massa ditemui oleh Kadivhumas DPRD Kota Bandar Lampung, Heri Muheri, SH. Kepada massa aksi yang ditemuinya, Heri Muheri menjelaskan bahwa Ketua Komisi B DPRD Bandar Lampung sedang tidak berada di tempat. Ia menawarkan bagaimana kalau aksi penyerahan koin dilakukan pada hari Senin.

Tetapi massa aksi menolak tawaran tersebut, dan tetap menginginkan agar koin yang sudah terkumpul itu diserahkan secara simbolik kepada anggota DPRD. Akhirnya, setelah terjadi kesepakatan, koin senilai Rp55.300 diserahkan kepada Heri Muheri selaku perwakilan DPRD. Nantinya, koin tersebut akan diserahkan lebih lanjut kepada Komisi B DPRD Bandar Lampung.

Ditanya mengenai perkembangan kasus ini, Heri Muheri menjelaskan bahwa kasusnya sudah berada di tangan badan kehormatan DPRD, sedangkan pihak ketua Komisi B sudah mengakui kesalahan secara terbuka. “penyelesaian kasus ini nantinya akan dibuat transparan di hadapan masyarakat,” katanya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut