Aktivis Pergerakan Kecam PHK Terhadap Pekerja KFC

Puluhan aktivis pergerakan di Surabaya, Jawa Timur, mendatangi gerai KFC di jalan raya Darmo Surabaya, siang tadi (23/8). Mereka memprotes keputusah pihak manajemen yang menolak memperpanjang kontrak seorang karyawan.

Erwin, nama karyawan itu, punya kontrak kerja selama dua tahun. Akan tetapi, tanpa alasan yang jelas, pihak manajemen KFC Darmo tidak memperpanjang masa kontrak Erwin ini.

Merespon PHK sepihak tersebut, karyawan yang lain pun berusaha bersolidaritas: mengumpulkan tanda tangan untuk menunjukkan bahwa kinerja Erwin masih baik. Tetapi pihak manajemen tetap bersikeras kepada keputusannya.

Erwin sendiri adalah anggota Serikat Buruh Kerakyatan-Komite Persiapan Konfederasi Serikat Nasional (SBK-KP-KSN). Aksi juga melibatkan Forum Advokasi Mahasiswa Unair (FAM Unair) dan Serikat Kedaulatan Mahasiswa untuk Rakyat (SMKR).

Sebelumnya, Erwin dan SBK KP-KSN pernah berusaha menegosiasikan persoalan ini ke kantor pusat KFC di Jakarta. Saat itu, pihak KFC pusat mengaku tidak tahu menahu dengan keputusan itu.

Dalam pertemuan itu, pihak KFC pusat berjanji akan melakukan sidak di Surabaya dengan melibatkan serikat pekerja. Tetapi, di luar kesepakatan semua pihak, pihak KFC melakukan sidak tanpa melibatkan serikat pekerja.

Selain itu, SBK KP KSN juga  menilai KFC Darmo telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Ketenagakerjaan, yaitu sistem kontrak. Jika merujuk kepada UU ketenaga-kerjaan, maka KFC Darmo seharusnya tidak dibenarkan mempraktekkan kerja kontrak. Tetapi kenyataannya bahwa KFC Darmo tetap menerapkan sistim kontrak.

“Sistem kerja kontrak tidak boleh di lakukan oleh suatu perusahaan dalam bidang produksi secara terus-menerus atau permanen, melainkan hanya bisa lakukan di kerja-kerja yang sifatnya musiman dan tidak terus menerus maksimal berjangka 3 tahun,” kata Sjharil Romadhon, jubir aksi ini.

Para aktivis pergerakan ini juga mensinyalir adanya praktik union-busting (pemberangusan serikat buruh) dalam kasus PHK ini. SBK KP KSN pun menuntut agar Erwin kembali dipekerjakan di KFC Darmo dan mendesak Dinas Tenaga Kerja Pengawasan Kota Surabaya segera mengeluarkan nota pemeriksaan yang berpihak kepada para pekerja.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut