Di Tangerang, Long-March Petani Jambi-Mesuji Dibantu Rakyat

Aksi jalan kaki (long march) petani Jambi dan Mesuji (Lampung) makin mendekati Jakarta. Sore (21/1) tadi, para petani sudah menginjakkan kaki di kecamatan Jatiuwung, Tangerang, Banten.

Menurut Wondo, salah seorang petani peserta aksi jalan kaki ini, mereka memasuki wilayah Jayanti, sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, ketika hari masih cukup pagi.

Lalu, menjelang siang, petani memasuki wilayah kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Dalam aksi jalan kaki hari ini, para petani mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

Tak hanya itu, menurut Wondo, para petani juga mendapat banyak sekali bantuan dari rakyat di pinggir jalan. Bantuan itu berupa air mineral, makanan ringan, dan bantuan uang.

“Kami sangat senang karena ketika memasuki wilayah Tangerang ini dukungan rakyat besar sekali. Mereka memberi kami banyak bantuan berupa air minum dan makanan,” kata Wondo.

Dalam aksi siang tadi, petani Jambi dan Mesuji juga menyebar selebaran kepada rakyat di pinggir jalan. Dengan selebaran itu, petani Jambi dan Mesuji berharap rakyat tahu tentang maksud dan tujuan aksi long-march yang dilakukan petani.

Sementara itu, 4 orang petani yang sebelumnya diserang penyakit diare sudah bergabung kembali dalam barisan aksi. Namun, salah seorang peserta aksi, yakni Ahmad Muslimin, mengalami pembengkakan di bagian pipi sebelah kanannya. Ia diduga tersengat oleh serangga tomcat.

Menurut rencana, petani Jambi dan Mesuji akan menginap di kantor Polsek Jatiuwung, Tangerang. Besok, petani Jambi diperkirakan sudah memasuki wilayah DKI Jakarta.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut