5 Jajanan Olahan Tepung Aci yang Wajib Dicoba saat ke Bandung

Jalan-jalan ke Bandung paling enak rasanya jika sambil melakukan wisata kuliner. Selain menyambangi berbagai resto dan kafe yang menawarkan makanan enak dengan pemandangan instagramable, kamu juga jangan kelewatan untuk mencicipi jajanan khas di sana, terutama yang terbuat dari tepung sagu alias aci.

Selain mengincar suasana dan udara sejuk, banyak orang mengunjungi kota Bandung untuk melakukan wisata kuliner. Tidak cuma makanan restoran dan kafe yang makin hits, aneka jajanan kaki lima juga selalu menarik untuk dicicipi.

Untuk kamu yang belum pernah menjajal kuliner di Kota Kembang, inilah saat yang tepat untuk mengeksplorasi jajanan paling khas dan gampang ditemukan, yaitu jajanan yang dibuat dari tepung sagu alias aci. Jajanan olahan tepung aci di Bandung memiliki rasa dan tekstur berbeda dengan olahan tepung sagu yang ada di Indonesia bagian timur, lho. Sagu yang dipakai di kuliner Bandung dibuat dari pati singkong, sementara di daerah timur Indonesia menggunakan pati dari tumbuhan sagu.

Mulai penasaran? Saatnya kamu cek rute travel Bandung Jakarta agar nyaman dan tenang selama jalan-jalan di Bandung. Setelah booking, intip deretan 5 jajanan khas Bandung yang diolah dari tepung aci di bawah ini.

1. Cilok

Jajanan pertama berbahan dasar tepung aci yang wajib kamu coba adalah cilok, yang berarti ‘aci dicolok’. Penamaan unik ini diambil dari cara makan cilok yang memang ditusuk (alias dicolok) dengan tusukan bambu atau lidi tebal dari tulang daun kelapa. Cilok berbentuk bulat dengan ukuran sedang. Awalnya, cilok dijual polosan alias hanya terbuat dari tepung aci saja. Namun seiring banyaknya peminat, kini cilok memiliki berbagai isian di dalamnya seperti cincangan daging hingga gilingan rawit setan yang super pedas. Cilok dijajakan dengan cara dikukus terlebih dahulu. Untuk menikmati seporsi cilok, kamu harus mencampurnya dengan bumbu kacang, saos cabai, dan kecap manis.

2. Cireng

Jika kamu pecinta gorengan, pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan satu ini. Cireng yang berarti ‘aci digoreng’ merupakan olahan tepung aci yang juga terkenal di Bandung. Cireng biasanya dijual dalam bentuk pipih berdiameter 3-4 cm dan memiliki ‘hiasan’ berupa irisan daun bawang di dalam adonannya. Penggunaan daun bawang dengan sedikit aroma kencur membuat cireng terasa sedap saat dinikmati. Seiring berkembangnya tren jajanan Bandung, cireng juga ikut berubah. Kini kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan cireng isi yang berisi potongan daging asap, sosis, ayam rica-rica, hingga lelehan keju di dalamnya. Tidak cuma itu, cireng rujak yang ditawarkan dalam bentuk beku sebagai oleh-oleh juga wajib kamu coba. Cireng polos ini disajikan dengan saus cocol pedas manis gula merah khas rujak uleg yang biasanya sudah disediakan di dalam kemasan.

3. Bakso aci

Cuaca Bandung yang cenderung sejuk membuat jajanan bakso aci jadi menu wajib orang-orang yang datang berwisata. Bakso aci merupakan comfort food yang dibuat dari adonan aci berbentuk bulat seperti bakso. Disajikan matang oleh penjual dengan kuah panas, bakso aci terasa kenyal saat dikunyah karena dibuat tanpa tambahan bahan lain. Karena dibuat dari tepung aci, bakso unik ini tidak terasa berlemak saat dimakan. Ukuran diameternya yang sedikit lebih kecil dibanding bakso sapi membuat bakso aci tidak terasa merepotkan saat akan dikonsumsi. Saat ini bakso aci juga sudah dimodifikasi menjadi tahu bakso aci, yang dibuat dari tahu coklat potong dan diisi adonan aci, dengan rasa nggak kalah enak.

4. Seblak

Untuk kamu pecinta kuliner pedas, wajib mencicipi jajanan satu ini saat jalan-jalan ke Bandung. Seblak merupakan makanan serupa sup pedas yang berisi macam-macam bahan, salah satunya dan yang paling penting adalah kerupuk dari tepung sagu. Kerupuk untuk jajanan seblak ini tidak digoreng, tetapi direndam hingga teksturnya sedikit lembek. Saat akan dihidangkan, seblak dicampur dengan bahan lain seperti telur, sosis, makaroni yang sudah direbus, kwetiau, irisan bakso, hingga suwiran daging ayam. Kuah seblak memiliki tekstur cukup kental serta beraroma bawang putih dan kencur yang kuat. Sehingga, jajanan ini lezat dinikmati saat sore atau malam hari.

5. Cimol

Jajanan terakhir yang wajib dijajal saat kamu liburan ke Bandung adalah cimol. Mirip seperti cilok, cimol merupakan adonan aci yang berbentuk bulat. Bedanya, cimol digoreng seperti cireng dan disajikan dengan bumbu halus seperti cabai bubuk, bawang putih bubuk, dan sedikit campuran kaldu bubuk sebagai penguat rasa. Cara mengolah cimol sedikit berbeda dengan gorengan aci lainnya. Saat menggoreng cimol, nyala api kompor harus kecil dengan kondisi minyak tidak panas. Jika suhu mulai naik, cimol akan ‘pecah’ bahkan ‘meletus’ saat digoreng sehingga bentuknya tidak bulat sempurna.

Selain 5 makanan di atas, masih ada beberapa jajanan khas Bandung yang dibuat dari tepung aci dan patut kamu coba seperti cilor (aci telor) atau cilung (aci digulung). Yuk, mulai packing dan siap-siap ke Bandung untuk cicipi semuanya!

Sumber foto: https://www.goodindonesianfood.com

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut