13 Tahun Revolusi Bolivarian Di Venezuela

4 Februari 1992, Chavez memimpin pemberontakan militer. Ia berhasil menguasai barak militer di Caracas, namun gagal menguasai istana Miraflores. Chavez dipenjara selama dua tahun.

Tahun 1995: setahun setelah dibebaskan dari penjara, Chavez berkeliling seluruh Venezuela dan berkampanye “Majelis Konstituante sekarang juga”.

Tahun 1997: Partai Gerakan untuk Republik Kelima (MVR) dibentuk. Partai ini menjadi kendaraan Chavez untuk ikut pemilu.

6 Desember 1998: Hugo Chavez terpilih sebagai presiden Venezuela dengan dukungan suara sebesar 56,2%. Ia resmi menjabat sebagai presiden pada tanggal 2 Februari 1999.

Akhir Politik Punto Fijo

Kemenangan Chavez menandai akhir politik Punto Fijo (puntofijismo), sebuah demokrasi yang dikarakterisasikan oleh pembagian kekuasaan diantara dua partai: Accion Democratica (AD) dan COPEI. Demokrasi Punto Fijo membawa Venezuela dalam kekacauan ekonomi, sosial, dan politik.

Pada pemilu 1998, pertarungan politik dikarakterisasikan oleh pertentangan antara kekuatan lama dan kekuatan baru. Chavez, yang mengagumi teori politik Carlos Matus, seorang menteri di era Allende di Chile, segera melancarkan serangannya pada titik terlemah musuhnya: politik-hukum. Dengan kampanye ini, pihak musuh tercerai-berai dan Chavez meraih kemenangan mutlak.

Ketika berkuasa, langkah pertama yang dilakukan Chavez pun masih politik-hukum. Ia memenuhi janjinya untuk memanggil Majelis Konstituante. Dari situ, Chavez memulai kampanye menulis kembali konstitusi. Pada 25 April 1999, majelis konstituante telah menyerukan referendum konstitusi: apakah rakyat setuju atau tidak setuju dengan perubahan konstitusi.

Setelah bekerja berbulan-bulan, dari kampanye hingga diskusi terbuka dengan rakyat, referendum pun dilaksanakan pada 15 Desember 1999. Sebanyak 71,78% rakyat Venezuela menyetujui penyusunan konstitusi baru. Inilah magna charta pertama yang disetujui oleh rakyat dalam sejarah negeri itu.

Dengan mengubah konstitusi sesuai kehendak rakyat, Chavez bisa menggunakan kerangka politik-hukum tadi untuk membentengi proyek transformasi sosialnya dan sekaligus senjata untuk membungkam oposisi.

Proyek revolusi Bolivarian

Referendum konstitusi adalah revolusi dalam aspek legal-formal di Venezuela. Ini berhasil melemahkan oposisi secara politik-hukum. Ini barulah serangan pertama.

Berikutnya, Chavez mulai merancang proyek pembangunan nasional: Rencana Simon Bolivar, sebuah proyek pembangunan untuk menjalankan cita-cita revolusi Bolivarian dan ide-ide sosialisme. Pada tahap awal rencana ini, pemerintahan Chavez meluncurkan sejumlah misi sosial. Program ini diciptakan untuk menjawab persoalan rakyat yang paling mendasar: pendidikan dan kesehatan.

Muncullah “Misi Barrio Adentro”, dengan dukungan Kuba, yang menyediakan bantuan medis kepada rakyat yang paling membutuhkan. Kemudian muncul “Mission Robinson”, yang bertujuan untuk mengajari rakyat membaca dan menulis.

Dalam beberapa tahun berikutnya, misi sosial ini diperluas untuk memenuhi kebutuhan rakyat lainnya, seperti soal pangan, perumahan, dan lain-lain.

Chavez sangat tahu bahwa rakyat mendukungnya dan berada di belakang pemerintahannya. Menariknya, Chavez berusaha mengubah dukungan rakyat itu menjadi organisasi dan partisipasi: rakyat tidak sekedar menjadi pendukung, tetapi menjadi protogonis dari aksi perubahan itu sendiri.

Salah satu langkah paling progressif dari pemerintahan Bolivarian adalah pembentukan “Dewan Komunal”. Menurut konstitusi, Dewan Komunal adalah sarana dari rakyat terorganisir untuk mengambil-alih dan menjalankan langsung kebijakan administrasi dan proyek pembangunan. Dewan Komunal merespon aspirasi dan kebutuhan langsung dari komunitas.

Pada tahun 2006, sudah berdiri 4000 dewan komunal di seluruh Venezuela. Angka ini meningkat menjadi 19,500 pada tahun 2007 dan sekitar 30 000 pada tahun 2011. Banyak rakyat yang sudah mendapat keuntungan langsung dari model demokrasi partisipatif ini.

Di bidang ekonomi, pemerintahan Bolivarian berhasil mengembalikan kekayaan rakyat Venezuela melalui nasionalisasi sejumlah perusahaan strategis. Selain itu, ia juga memperkenalkan kontrol pekerja dan self-management untuk membangkitkan partisipasi pekerja dalam lapangan ekonomi.

Saat ini, PDVSA—perusahaan minyak milik negara—memproduksi 3 juta barel minyak setiap hari dan menjadi satu produsen minyak terbesar di di dunia. Sebagian besar keuntungan dari minyak dipergunakan untuk membiayai program sosial dan pembangunan nasional.

Ada banyak kemajuan yang sudah dicapai revolusi Bolivarian. Itu pula yang membuat dukungan terhadap revolusi Bolivarian makin membesar.

Integrasi Regional

Sejak awal, revolusi Bolivarian telah mengambil bentuk politik anti-imperialisme. Sikap politik ini ditunjukkan pula dalam kerangka regional dan internasional. Venezuela telah menjadi bagian penting dari blok anti-imperialisme.

Venezuela juga menjadi motor pembentukan Aliansi Bolivarian Untuk Rakyat Amerika latin (ALBA) pada tahun 2004. ALBA merupakan proposal alternatif terhadap gagasan imperialis untuk memaksakan Free Trade Arean of America (FTAA).

Venezuela juga mensponsori ide pembentukan Bank Selatan, sebagai antitesa atau alternatif terhadap IMF dan Bank Dunia. Venezuela, bersama dengan Kuba, juga menjadi inisiator kerjasama berbasiskan solidaritas di kawasan ini: pertukaran minyak, dokter, dan lain-lain.

Lalu, beberapa hari yang lalu, 3-4 Desember 2011, Venezuela telah menjadi tuan-rumah pertemuan Komunitas Negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC). CELAC melibatkan 33 negara Amerika Latin dan Karibia (minus Amerika Serikat dan Karibia). Ini adalah integrasi regional terbesar dalam sejarah benua itu.

….

Hari ini, setelah 13 tahun setelah sebuah kejadian yang mengubah sejarah kontemporer Venezuela, kita menemukan pertarungan dua model yang makin tajam: Sosialisme sebagai sebuah proposal inklusif yang mengeksklusifkan manusia melawan sistim kapitalisme yang mengistimewakan pada keuntungan dan sedang krisis.

A luta continua!

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut