Petani dan Aparat Keamanan Berhadap-Hadapan di Teluk Jambe Barat

Sekitar 980 aparat keamanan gabungan TNI, Polri dan Satpol PP dikerahkan untuk mengamakan proses pemagaran batas areal PT Pertiwi Lestari dan Perum Perhutani, di Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (1/8/2016).

Dalam proses pemagaran itu, polisi mengerahkan water canon dan pasukan anti huru-hara. Tidak hanya itu, polisi juga mendirikan pos penjagaan. Sementara pihak perusahaan sudah menyiapkan alat berat untuk pengukuran.

Namun, proses pemagaran itu dilakukan di atas lahan yang masih diklaim oleh petani. Karenanya, 300-an petani yang tergabung dalam Serikat Tani Teluk Jambe Bersatu (STTB) berbaris menghadang upaya aparat keamanan menerobos lahan mereka.

“Konflik agraria ini sebetulnya sedang ditangani oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Jadi, tidak boleh ada pemaksaan pembuatan batas secara sepihak,” kata Ketua STTB Maman Nuryawan.

Maman meminta pihak PT Pertiwi Lestari dan Perhutani untuk menghormati proses penyelesaian konflik yang tengah bergulir di meja Kementerian ATR/Kepala BPN.

“Jangan ada alat berat bergerak sebelum ada keputusan dari Menteri. Kalau itu terjadi, petani akan melakukan perlawanan,” tegas Maman.

Untuk mencegah benturan, pihak Polres Karawang sempat bernegosiasi dengan petani. Pihak kepolisian menegaskan bahwa kehadiran mereka bukan untuk menggusur, melainkan untuk pengamanan.

“Kehadiran kami bukan eksekusi penggusuran, tetapi pengamanan pengukuran batas,” kata Kabag Ops Polres Karawang, Kompol Didik Purwanto.

Petani dan pihak keamanan kemudian bersepakat untuk melakukan negosiasi dengan Muspida Kabupaten Karawang. Negosiasi itu, yang dijadwalkan Senin (1/8) siang, akan menghadirkan Bupati dan DPRD Karawang.

Hingga berita ini diturunkan, alat berat perusahaan terus melakukan pengerukan tanah. Aparat keamanan juga masih berjaga-jaga di lokasi.

Untuk mencegah aksi sepihak perusahaan, ratusan petani beserta keluarganya juga memilih bertahan di lokasi. Tak mau kalah, mereka juga mendirikan tenda.

Hendri Kurniawan

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid