Wawancara: Kutub Patriotik Besar (GPP)-Bagaimana Ribuan (Organisasi) Gerakan Membangun (Satu) Organisasi Revolusioner Mereka

Gerakan Patriotik Besar

Pada tanggal 11 Juni 2012 lalu ratusan ribu massa rakyat memenuhi kawasan Plaza Diego Ibarra di pusat kota Caracas, Venezuela untuk menyampaikan dukungan pencalonan kembali Hugo Chavez sebagai presiden Republik Bolivarian Venezuela. Pemilu presiden Venezuela akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2012. Di balik dukungan ini, terdapat sebuah organisasi front bernama Great Patriotic Pole atau Kutub Patriotik Besar (disingkat GPP) yang merupakan gabungan dari 30.000 organisasi gerakan dan komunitas. Di sini kami tampilkan wawancara Venezuela Analysis (VA) dengan salah seorang aktivis GPP Jessica Pernia (JP) pada 28 Februari 2012 untuk tujuan pembelajaran.

________________________

Dalam wawancara ini Venezuelanalysis berbincang dengan salah seorang aktivis yang telah terlibat dalam pembentukan GPP hampir sejak permulaannya. Meskipun GPP, sebuah organisasi yang secara resmi mempersatukan 35.000 gerakan dan kolektif di Venezuela, baru berada di tahap-tahap awal berdirinya, kami coba untuk memahami akan seperti apa wujud organisasi itu, serta proses dan kekuatan seperti apa yang telah terlibat dalam pembentukannya.

Jessica Pernia adalah anggota kolektif Televisi Komunitas Tatuy, dan mewakili tim promotor wilayah Kutub Patriotik Besar (GPP) di negara bagian Merida.

VA: Dapatkah Anda jelaskan proses pembentukan GPP itu? Langkah-langkah apa yang dilakukan, dan siapa yang benar-benar berada di balik pembentukannya – pemerintah, atau akar rumput?

JP: Setelah proses pendaftaran nasional pada bulan Oktober 2011 [ketika 35.000 kelompok terdaftar sebagai anggota GPP di seluruh negeri] kita memulai proses pengelompokan kembali (regrouping), atau mengakumulasikan kekuatan di semua negara bagian. Di Merida hal ini merupakan kelanjutan dari proses yang dimulai pada Maret 2011, hampir setahun yang lalu, ketika gerakan-gerakan akar rumput bertemu dan memperdebatkan gagasan GPP ini.

Apa yang terjadi adalah, PSUV telah mengeluarkan garis-garis strategisnya – yang diusulkan oleh Chavez – yang salah satunya adalah memunculkan GPP, sehingga orang yang sudah membicarakan hal itu akan mulai mengorganisir diri dengan prakarsa dari pikiran mereka, dan Merida adalah bagian dari itu. Kami telah bekerja secara konsisten selama setahun terakhir untuk membentuk dan memperkuat GPP ini. Jadi poin saya adalah bahwa GPP di Merida tidak lahir melalui pendaftaran, ia sudah mempunyai sejarah, sudah ada langkah-langkah yang dilakukan sebelumnya.

Namun pendaftaran membantu memberikan suatu bentuk agitasi, dan bahkan meyakinkan lebih banyak gerakan agar tertarik untuk masuk. Membuat (mekanisme, pent.) hanya satu pendaftaran secara nasional bagi gerakan sosial bermakna kesempatan bagi kami untuk mengenal satu sama lain dan mengorganisir diri secara lebih baik.

Jadi GPP pada dasarnya merupakan penyatuan gerakan sosial yang beragam, organisasi-organisasi dan kolektif-kolektif dari wilayah yang berbeda, kelompok-kelompok dengan posisi politik yang berbeda, tapi selalu berorientasi pada revolusi sosialis. Ini berarti bahwa kelompok-kelompok tersebut dapat lebih mudah dan langsung bergabung dalam tujuan ini [revolusi sosialis] melalui GPP, tempat di mana proposal-proposal untuk Chavez dapat dibuat.

Bagaimanapun, di Merida, karena kami sudah memiliki sekelompok perwakilan gerakan yang telah mengadakan pertemuan, dan diakui oleh masyarakat Merida, proses pembentukan tim promotor di daerah sini relatif langsung maju. Tim ini mendorong pembentukan GPP di tingkat negara bagian.

Untuk membentuk GPP ada sejumlah tahapan yang dilewati. Tahap pertama adalah pembentukan tim promotor nasional, yang dilantik dan disetujui oleh presiden. Tim ini terdiri dari 153 orang kawan selaku juru bicara dari kolektif yang berbeda di tingkat nasional. Tahap ini berakhir dengan pendaftaran nasional. Berikutnya datang tahap kedua yaitu pengelompokan kembali (regrouping), sebagaimana pertemuan yang sedang berlangsung dari semua kolektif yang terdaftar di GPP. Setelah itu, di tempat kita berada sekarang, datang tahap pelaksanaan sidang majelis rakyat GPP. Di sini lah berlangsung perencanaan, pengambilan keputusan, dan perdebatan dari semua orang yang berpartisipasi dalam GPP. Akhirnya, ada tahap terakhir, yang terdiri dari kongres nasional, atau majelis rakyat nasional, bersama Presiden Chavez, yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 April tahun ini saat proposal baru untuk organisasi nasional akan dibahas dan dipilih.

Di Merida kami telah melaksanakan serangkaian sidang majelis [catatan pewawancara: yang pertama di sebuah negara bagian yang luas, kemudian di lima wilayah yang lebih kecil, kemudian di basis kotapraja, pada tiap tingkatan masyarakat juga secara sukarela mencatatkan diri untuk berpartisipasi dalam tim promotor ] … dan sekarang kami siap untuk mulai mengorganisir majelis rakyat sehingga kita dapat membuat keputusan dan menyusun rencana aksi untuk Misi 7 Oktober [kampanye pemilu bagi Chavez] – sebagai taktik politik, tapi juga sebagai strategi, yang lebih penting – strategi untuk berdebat dan mengatur tugas yang diperlukan dalam rangka memperdalam proyek revolusioner dari basis-basis. Ini berarti sebuah revisi atas manajemen nasional [dari revolusi Bolivarian], rencana-rencana dan proposal-proposal berdasarkan pemikiran politik revolusioner, yang akan memperkuat sosialisme di negara kita.

Jadi, hal yang penting untuk disoroti sekarang adalah bahwa majelis-majelis ini bukanlah ventilasi. Bukan hanya ruang bagi gerakan yang berbeda untuk berbicara tentang kebutuhan mereka yang berbeda, kami ingin tujuan majelis untuk memperbaiki kondisi, bukan hanya organisasi, tetapi juga kondisi dari proses politik Bolivarian.

Akhirnya, saya juga harus menyebutkan komisi-komisi, yang direkomendasikan oleh metodologi nasional adalah komisi formasi komunikasi, organisasi, mobilisasi dan logistik, dan komisi-komisi sistematisasi, tapi di Merida sini kita memiliki sebuah formasi komisi [peningkatan kesadaran], organisasi, komunikasi, dan sistematisasi.

VA: Apa saja kolektif dan organisasi-organisasi yang telah terlibat dalam tahap promosi di Merida?

JP: Ada beragam organisasi berbeda yang berpartisipasi dalam tim promotor daerah. Gerakan seperti Tupamaros, Front Komunitas Pendidikan Sosialis, Frebin (Front Peneliti dan Inovator Bolivarian), gerakan mahasiswa Integrasi Masyarakat, kawan-kawan pekerja pedesaan dari Front Campesino Ezequiel Zamora, jaringan pendidik populer, Front Perempuan Bicentennial, dan tentu saja antara lain Tatuy TV yang telah aktif mempromosikan GPP di seluruh negara bagian.

VA: Pernahkah Anda menemui hambatan-hambatan?

JP: Ya, tentunya. Salah satu diantaranya adalah (bagaimana) mendapatkan kembali kepercayaan dari gerakan, sesuatu yang telah menyusut dihadapan oportunisme dan reformisme dalam ruang politik di negara kita, jadi kita kehilangan kepercayaan gerakan ketika sampai pada soal partisipasi politik. Dalam hal ini kendala terbesar yang harus kita atasi adalah ke-apatis-an, dan kita bisa mengatasinya lewat kesadaran dalam bangunan tatanan sosial yang berkomitmen untuk perjuangan rakyat, dan memahami pentingnya sejarah bahwa proses seperti yang dilalui di Venezuela, terjadi untuk kemanusiaan – dalam menghadapi barbarisme kapitalis.

Kendala lain yang signifikan adalah keberisikan yang dibuat oleh oposisi Venezuela, yang sedang coba membuat orang percaya bahwa GPP adalah sebuah organisasi yang bermusuhan dengan PSUV [Partai Sosialis Venezuela Bersatu yang memerintah], dan tidak ada lain. Namun, kami harus bekerja keras untuk menyingkirkan persepsi ini.

PSUV dan GPP adalah senjata-senjata dalam satu perjuangan, dengan dukungan Presiden Chavez terhadap keduanya, dan mereka bersatu membangun negara baru. Salah satu contoh konkrit adalah bahwa di Merida ada hubungan yang sangat baik antara kedua organisasi, difasilitasi melalui kolaborasi antara komisi gerakan sosial dari komite negara PSUV bersama tim promotor wilayah GPP. Kami telah bekerja sama untuk menciptakan kebijakan-kebijakan, rencana-rencana, dan ide-ide untuk memperkuat GPP.

VA: Apa harapan anda tentang wujud GPP ke depan? Apakah partai politik? Bagaimana seharusnya hubungan GPP dengan dewan-dewan komunal, misalnya?

JP: GPP tidak bertujuan untuk menjadi sebuah partai politik, atau untuk memiliki segala jenis tiket pemilu atau mendukung calon tertentu dari wilayah. Calon tunggal kami adalah Presiden Chavez untuk pemilihan presiden pada bulan Oktober.

Banyak kehebohan dihasilkan soal ini, karena ada kaum oposisi yang coba untuk membuat rakyat percaya bahwa kami bersaing dengan PSUV, tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, gagasannya sama sekali bukan seperti itu.

Banyak dewan komunal langsung terdaftar selama proses pendaftaran, namun GPP lebih terfokus pada organisasi dan gerakan sosial, mengingat dewan-dewan komunal telah mempunyai cara mengorganisir sendiri – melalui komune yang mengelompokkan mereka bersama. Di sisi lain, sampai sekarang, gerakan sosial tidak punya kemungkinan (pengorganisiran seperti, pent.) itu. Kami sudah sangat terisolasi satu sama lain, sehingga GPP pada dasarnya fokus untuk menyatukan semua front, kolektif, dan organisasi sosial yang berbeda.

Ini tidak berarti bahwa kami tidak bekerja secara langsung dengan komunitas-komunitas terorganisir, komune-komune, dan dewan-dewan komunal. Sebenarnya, banyak dari kami dalam gerakan juga berpartisipasi dalam perjuangan di tingkat komunitas. Saat sidang majelis patriotik [yang mengambil keputusan] terjadi, kita harus datang dengan rencana untuk menyatukan komunitas-komunitas terorganisir dengan gerakan, dengan PSUV dan semua kekuatan revolusi lainnya, untuk kemudian dapat mengkonsolidasikannya melampaui kampanye pemilu, menjadi satu kekuatan revolusi yang tidak terkalahkan.

VA: Bagaimana harapan GPP dalam kampanye mendukung dipilih kembalinya Chavez?

JP: Salah satu tujuan kampanye ini adalah agitasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat Venezuela. GPP punya peran penting dalam kampanye, yaitu untuk memobilisasi, dan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dalam pemerintahan sekarang dan lembaga-lembaganya, dan untuk mendidik semua rakyat Venezuela yang mendukung sosialisme. Kami dapat mencapai hal-hal ini dengan membela semua kebijakan sosial terpenting yang dikemukakan oleh revolusi, dengan memperdebatkan teori-teori yang harus menjadi dasar, dan harus membantu memperdalam ide-ide revolusioner kita. Kami harus sepenuhnya membahas masalah kepemilikan non-sosial yang telah dirampok orang kaya dari masyarakat. Dan, kami harus berdiskusi serta bekerja di atas nilai, etika, dan prinsip-prinsip revolusioner yang membimbing revolusi kita.

Kami harus membicarakan topik yang paling serius tentang semua manajemen [pemerintahan] karena satu hal yang banyak dikhawatirkan gerakan di GPP, sesuatu yang saya tidak harus setuju, adalah birokrasi dan administrasi.

Sangat penting untuk mengkritik birokrasi dan oportunisme yang nyata ada dalam revolusi melalui rencana pendidikan. Kami akan datang dengan proposal untuk menciptakan warga negara baru, orang-orang baru, dan sebuah slogan yang berguna bagi GPP bahwa sosialisme adalah ilmu pengetahuan mengenai contoh. Ketika pria dan wanita revolusioner melakukan pekerjaan sukarela maka kita mencapai kesadaran baru tentang tanggung jawab dan bahwa kita subjek [protagonis] dalam revolusi bagi generasi baru dan untuk kemanusiaan.

VA: Bagaimana kita bisa menjamin bahwa GPP tidak akan menjadi PSUV yang lain – yaitu, bahwa itu benar-benar dijalankan oleh akar rumput?

JP: Pada tahap awal GPP ini, tahap mengumpulkan kekuatan, kita hanya bisa mengukur kemauan rakyat untuk berpartisipasi. Di Merida kami mempunyai rencana aksi, program politik yang esensinya berdasarkan etika kehidupan baru. Kami dapat mengkonfirmasi bahwa tujuan rakyat harus menciptakan sebuah realitas baru.

Untuk saat ini, sulit mengatakan sesuatu yang pasti, itu akan kontraproduktif, karena kami baru dalam tahap awal. Namun ada harapan yang sangat tinggi, karena gerakan sosial belum memiliki sebuah ruang pertempuran yang luas seperti yang mereka lakukan sekarang bersama GPP.

GPP beberapa tahun yang lalu [tahun 1998, Kutub Patriotik adalah organisasi yang berbeda dengan nama yang sama, sebuah koalisi pemilihan yang mendukung Chavez] pada dasarnya kutub dari partai-partai politik. Sekarang gerakan berada di barisan depan, dan karena itu, komitmen lebih kuat. Inilah sebabnya mengapa kita menyerukan semua anggota GPP bergerak melampaui katarsis, gangguan-gangguan, dan kurangnya kepercayaan, dan mulai di jalan baru ini kita dapat mengusulkan, bermimpi, dan menemukan kenyataan baru dari basis-basis sosial.

Sebuah partai atau organisasi yang dibuat untuk revolusi mempunyai peran yang tidak terhindarkan dalam melampaui jalan elektoralisme sesuai hukum-hukum borjuis, dan dalam mengkonversi dirinya menjadi sekolah partai, menjadi sebuah organisasi atau pihak yang menciptakan warga negara revolusioner yang baru – kerja yang mendorong kreativitas, efektivitas, dan kualitas dalam semua proses revolusi. Jadi meskipun GPP bukan partai, kita hanya bisa melewati elektoralisme dan birokrasi ketika kita memahami prinsip-prinsip tersebut. Seperti dikatakan Fidel [Castro], “Tidak ada tempat dalam revolusi bagi orang-orang palsu, atau untuk orang biasa-biasa saja, atau untuk yang lemah atau pengecut”.

VA: Pada bulan November, di Caracas, aktivis GPP dalam sebuah pernyataan resmi, menyatakan solidaritas mereka kepada gerakan global lainnya yang saat ini menentang model kapitalisme, dan menyatakan bahwa mereka akan mendukung pengembangan suatu “kutub internasional kerakyatanyang mampu “menghadirkan pilihan lain dari biadabnya kapitalisme “- apakah posisi ini masih sama?

JP: Ini adalah posisi umum dan transversal dari semua proses [revolusioner] bahwa internasionalisme harus mengubah diri ke dalam tindakan nyata solidaritas dan ke dalam integrasi dengan gerakan lain di dunia.

Banyak gerakan dalam GPP mempunyai pengalaman bekerja dengan organisasi yang berbeda di tingkat global, dan tujuan kami di Merida adalah untuk mengkonsolidasikan sebuah komisi internasionalis, yang telah kami usulkan pada awal tahun. Karena dinamika baru, komisi tersebut belum terbentuk, tapi itu tanggung jawab kita untuk mengangkat lagi gagasan tersebut, sejauh perjuangan rakyat tidak memiliki batas, mereka tidak dapat dicerai-beraikan. Kita harus mengalahkan logika bahwa sistem kapitalisme telah menaklukkan kita dan pada akhirnya mengubah kita menjadi barang dagangan. Ini adalah logika yang mereka inginkan untuk diterapkan pada gerakan sosial-memecah belah kita, dan akhirnya kita mengkhususkan diri di daerah yang sangat lokal tanpa visi global.

Jadi peran lain dari GPP adalah menciptakan jaringan internasional dari gerakan untuk menghadapi sistem kapitalis yang merusak dalam segala aspeknya dan mengkonsolidasikan pembangunan dunia yang berbeda. Realitas yang lain adalah mungkin, dan terserah GPP untuk mewujudkan penyatuan itu. (Jessica Pernia, Tamara Pearson – Venezuelanlaysis.com, 28 Februari 2012.)

Diterjemahkan oleh Dominggus Oktavianus

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut