Wajah Stalin Hiasi Bus Kota Di Rusia

Wajah bekas pemimpin Soviet, Joseph Stalin, akan gampang ditemukan di jalanan di Rusia. Pasalnya, hampir semua bus umum di negeri beruang merah itu memasang gambar pemimpin Soviet tersebut.

Kabarnya, bus-bus yang memuat gambar Stalin—sering disebut “Stalinobuses”—akan berlangsung di 40 kota di negara bekas Soviet. Ini untuk memperingati Hari Kemenangan Soviet atas NAZI pada 9 Mei 1945.

Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2010. Meski sempat mendapat kontroversi, tetapi kegiatan ini terus berjalan. Sejumlah aktivis Hak Azasi Manusia memprotes pemunculan wajah Stalin.

Menurut koordinator proyek ini, Viktor Loginov, kegiatan tahun ini melibatkan sejumlah kota di Rusia, Ukraina, Latvia, Estonia dan Belarus.

Katanya, proyek ini berlangsung atas inisiatif pribadi. Hampir semua biaya dikumpulkan via internet. Menurut panitia “Bus Kemenangan”, biaya dekorasi wajah Stalin—atau kata-kata Stalin—di bus daerah-daerah mencapai 20.000 rubel (sekitar US $ 670). Sedangkan di Moskow memerlukan biaya 3.000 dollar AS.

Penyelenggara mengklaim, acara ini tidak punya motif politik, apalagi bermaksud memprovokasi. “Tujuan kami hanya pemulihan kebenaran sejarah, membawa kembali pandangan objektif terhadap sejarah…dan memberikan ucapan selamat kepada para veteran atas kemenangan besar,” katanya.

Namun, ada juga yang tak setuju dengan proyek ini. Sebagian besar penentang proyek ini adalah aktivis Hak Azasi Manusia (HAM). Mereka menuding Stalin bertanggung-jawab atas kejahatan kemanusiaan di eranya.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut