UGM akan Gelar Kongres Pancasila

Sebagai bagian dari peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni mendatang, Universitas Gajah Mada (UGM) kembali akan menggelar Kongres Pancasila.

Acara yang diprakarsai oleh Pusat Studi Pancasila UGM tersebut akan diselenggarakan pada 30 Mei hingga 1 Juni mendatang. Kongres tahun ini akan mengambil tema:Re-Aktualisasi Trisakti untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa Indonesia Berdasar Nilai budaya Pancasila.

Salah satu penggagas kegiatan ini, Prof. Dr. Dr. Sutaryo, SP.A (K) mengatakan, Pancasila merupakan warisan dari para pendiri bangsa selain NKRI.

Dia melanjutkan, ada tiga hal yang digariskan dalam warisan Pancasila yang disebut sebagai Trisakti Pancasila, yaitu berdaulat di bidang politik, ekonomi harus berdikari, dan di bidang budaya harus berkepribadian.

“Akhir-akhir ini kita merasakan kedaulatan politik tidak sepenuhnya merdeka, ekonomi juga tidak lagi merdeka, di bidang budaya kita juga mengalami akulturasi yang luar biasa yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Pancasila UGM Dr. Heri Santoso  menambahkan, rangkaian acara Kongres Pancasila ini akan dimulai dengan kursus Pancasila di hari pertama penyelenggaraan. Kursus pancasila diselenggarakan untuk mengembangkan makna ideologi pancasila.

“Kursus Pancasila ini merupakan kursus berlevel ideologi. UGM mewarisi tradisi dari Ir. Soekarno yang juga mengadakan hal serupa untuk para pejabatnya kala itu, paparnya.

Kongres itu akan membahas pula penguatan peran perguruan tinggi dalam mengatasi krisis kedaulatan bangsa dengan menghadirkan perwakilan berbagai Universitas di Indonesia.

Selain itu, di hari kedua dan ketiga acara kongres akan hadir pula beberapa tokoh nasional, seperti Dr. (HC) Ir. Siswono Yudo Husodo, KGPAA Paku Alam X, Prof. Dr. Sri Adiningsih, Dr. Haedar Nasir, KH. Hasyim Muzadi, dan Prof. Dr. Suwardjono.

Penyelenggaraan kongres sebelumnya telah menghasilkan timbulnya kajian-kajian pancasila di beberapa perguruan tinggi. Kongres Pancasila ini diharapkan akan memunculkan rekomendasi-rekomendasi mengenai kebijakan yang dapat diaplikasikan secara nyata demi kesejahteraan bangsa dengan tetap berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila. (Humas UGM)

Sumber: http://ugm.ac.id/id/berita/11768-ugm.gelar.kongres.pancasila.ke-8

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut