SRMI Surabaya Sosialisasi Posko Kesehatan

Pengurus Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Surabaya menggelar sosialisasi posko kesehatan dan bimbingan belajar, Selasa (9/5/2012). Acara sosialisasi itu berlangsung di Balai RW kelurahan Genteng Surabaya.

Sebagian besar peserta sosialisasi adalah anggota dan pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Juga hadir perwakilan dan pengurus RT/RW se-kelurahan Genteng Surabaya.

Selain itu, acara ini mendapat dukungan pihak kelurahan setempat. Bagi Lurah Genteng, Priyo, kehadiran posko kesehatan dan bimbingan belajar (bimbel) akan mengurangi beban rakyat miskin.

Ketua SRMI Kota Surabaya, Kamaruddin Koto, menceritakan latar-belakang pendirian posko kesehatan dan bimbel oleh organisasinya. “Banyak rakyat yang tak sanggup mengakses layanan kesehatan. Sekalipun ada program kesehatan pemerintah, tetapi mereka terkadang belum tahu seluk beluk program itu,” katanya.

Dengan pendirian posko kesehatan di tengah pemukiman, kata Kamaruddin, rakyat miskin bisa mengakses informasi, berdiskusi, bahkan meminta bantuan advokasi kepada kader-kader SRMI.

Selain membangun posko kesehatan, SRMI juga membangun pusat bimbingan belajar (bimbel) untuk anak dari keluarga miskin. Bimbel untuk rakyat miskin ini berdiri pada tahun 2011. Tidak dipungut sepeser pun biaya di bimbel ini.

Sekarang, murid bimbel tersebut semakin bertambah.Sebagian besar tenaga pengajarnya merupakan aktivis SRMI sendiri dan sukarelawan dari mahasiswa yang punya kepedulian terhadap rakyat.

“Anak-anak orang miskin kesulitan mengakses bimbel yang diselenggarakan swasta. Karena itu, kami menciptakan bimbel gratis untuk kaum miskin,” ujarnya.

Dalam sosialisasi siang tadi, Kamaruddin juga menceritakan tentang profil organisasi dan program perjuangannya. Ia menegaskan, SRMI merupakan wadah perjuangan rakyat miskin dan kaum tertindas.

KAMAL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut